Penyebab Connie Nurlita Meninggal Dunia, Waspada 4 Tanda Serangan Jantung

Connie Nurlita
Sumber :
  • IG @connie_nurlita

VIVA Lifestyle – Kabar duka datang dari pedangdut Connie Nurlita yang meninggal dunia akibat serangan jantung. Kabar duka itu diungkap oleh manajemen Connie Nurlita kepada awak media bahwa Connie meninggal dunia pada Selasa pagi 30 Mei 2023.

Dorman Borisman Sempat Amputasi Kaki Sebelum Meninggal Dunia

"Kejadian sekitar pukul 08.00-09.00 WIB. Awalnya masih sehat, tadi pagi sehat," kata salah satu pihak managemen kepada awak media, Selasa 30 Mei 2023.

"Beliau tidak sakit sama sekali. Serangan jantung tadi pagi," sambungnya.

Dorman Borisman Meninggal Dunia di Usia 73 Tahun

Lantas, apa itu serangan jantung mendadak? Apa saja tanda yang dapat diperhatikan? Berikut rangkumannya dikutip laman Penn Medicine.

Kenapa Serangan Jantung Terjadi Pada Saat Tidur di Malam Hari?

Serangan jantung mendadak sama seperti serangan lainnya dan sama merusaknya. Jantung selalu membutuhkan darah yang kaya oksigen untuk berfungsi. Jika plak yang terdiri dari lemak, kolesterol, dan zat lain, menumpuk di arteri yang membawa darah ke jantung, aliran darah ini dapat terputus secara signifikan atau seluruhnya.

Semakin lama jantung tidak memiliki aliran darah, semakin banyak kerusakan yang terjadi. Karena serangan jantung diam mungkin tidak diketahui, mereka dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan. Dan tanpa pengobatan, mereka bisa mematikan.

Kabar baiknya, Anda bisa mempersiapkan diri dengan mengetahui 4 tanda serangan jantung ini.

Nyeri Dada, Tekanan, Terasa Penuh, atau Ketidaknyamanan

Terkadang rasa sakit akibat serangan jantung tiba-tiba dan intens, yang membuat mereka mudah dikenali dan mendapatkan pertolongan. Tapi, bagaimana kalau tidak?

Sebagian besar serangan jantung sebenarnya hanya melibatkan nyeri ringan atau rasa tidak nyaman di bagian tengah dada. Anda mungkin juga merasakan tekanan, meremas, atau kepenuhan. Gejala-gejala ini biasanya mulai perlahan, dan mungkin hilang dan kembali lagi.

Ilustrasi serangan jantung/stroke.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

Ini bisa menjadi rumit karena gejala ini mungkin terkait dengan sesuatu yang kurang serius, seperti mulas. Anda tahu tubuh Anda yang terbaik, meskipun. Jika Anda merasa ada yang tidak beres, Anda perlu dievaluasi oleh dokter atau bahkan pergi ke ruang gawat darurat.

Ketidaknyamanan di area lain di tubuh

Serangan jantung tidak hanya memengaruhi jantung, di mana benar-benar dapat merasakan efeknya di seluruh tubuh Anda. Tapi ini bisa membuat identifikasi serangan jantung menjadi membingungkan.

Anda mungkin mengalami rasa sakit atau ketidaknyamanan di lengan (salah satu atau keduanya), punggung, leher, rahang, dan perut.

Gejala-gejala ini dapat bervariasi dari orang ke orang. Misalnya, beberapa orang menggambarkan sakit punggung akibat serangan jantung seperti ada tali yang diikatkan di sekelilingnya. 

Anda mungkin juga merasakan tekanan berat di punggung Anda. Apa pun itu, jika Anda merasa mengalami tanda-tanda serangan jantung yang kurang jelas ini, jangan abaikan.

Kesulitan bernapas dan pusing

Jika Anda merasa seperti baru saja lari maraton, tetapi nyatanya hanya menaiki tangga, itu mungkin pertanda jantung tidak mampu memompa darah ke seluruh tubuh. Sesak napas dapat terjadi dengan atau tanpa nyeri dada, dan ini adalah tanda umum dari serangan jantung diam.

Sesak napas

Photo :
  • Times of India

Anda mungkin juga merasa pusing atau lelah dan mungkin bisa pingsan. Meskipun hal ini dapat terjadi pada pria dan wanita, wanita lebih sering mengalami sesak napas.

Jika Anda mengalami masalah dengan tugas-tugas yang sebelumnya tidak sulit, seperti membereskan tempat tidur atau berjalan-jalan dengan anjing, pastikan Anda memeriksakannya jika itu merupakan tanda serangan jantung yang tidak kentara.

Mual dan keringat dingin

Bangun dengan keringat dingin, merasa mual, dan muntah mungkin merupakan gejala flu, tetapi juga bisa menjadi tanda serangan jantung mendadak.

Anda mungkin tahu seperti apa rasanya flu karena pernah mengalaminya sebelumnya. Tetapi ketika sistem pencernaan terganggu serupa gejala mirip flu, ini adalah sesuatu yang lebih serius. Jangan menghubungkan gejala-gejala ini dengan flu, stres, atau sekadar merasa tidak enak badan - gejala ini mungkin jauh lebih serius dari itu.

Menyadari tanda-tanda serangan jantung itu penting, tetapi tidak ada artinya jika Anda mengabaikannya. Bahkan jika Anda tidak yakin mengalami serangan jantung, hubungi fasilitas kesehatan jika Anda mengalami salah satu atau semua gejalanya. Meskipun tanda-tanda ini tidak selalu berarti Anda mengalami serangan jantung, lebih baik berhati-hati. Peluang selamat dari serangan jantung semakin tinggi semakin cepat Anda mendapatkan perawatan darurat.

Dan ingat, cara terbaik untuk mencegah serangan jantung sejak awal adalah dengan memeriksakan jantung Anda dan menurunkan risiko Anda dengan cara lain seperti menjaga tekanan darah dan kolesterol pada tingkat yang baik untuk jantung Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya