3 Kunci Rutinitas Pagi Bikin Panjang Umur, Nomor 2 Sering Terlewatkan

Bangun pagi
Sumber :
  • times of india

VIVA Lifestyle – Pelatih dan ahli gizi Daniel Herman telah membagikan tiga elemen kunci yang merupakan bagian penting dari rutinitas pagi yang baik. Ketiganya, kata Herman, sangat dianjurkan karena terbukti membantu hidup lebih lama alias panjang umur. Terlebih, 3 kunci ini sangat mudah dilakukan.

Kelihatan Sehat, Begini Kondisi Tukul Arwana Setelah 3 Tahun Berjuang dengan Stroke

Rutinitas pagi saat bangun tidur menjadi kunci utama untuk memulai hari dengan lebih baik tanpa ada kesalahan atau kecerobohan kecil yang menganggu. Satu hal yang sebaiknya dilakukan saat bangun tidur adalah segera menghidrasi tubuh. Scroll lebih lanjut ya.

“Minumlah segelas air segera setelah bangun tidur untuk merehidrasi tubuh setelah beberapa jam tidur. Ini membantu memulai metabolisme Anda dan membantu pencernaan," kata dia dikutip laman Express.

Bukan Jadi Penyanyi Dangdut, Cita-cita Jirayut Ternyata Mendambakan Pekerjaan Ini

Hal kedua, Herman sangat menganjurkan agar masyarakat memasukkan aktivitas fisik ke dalam rutinitas pagi. Tidak perlu yang sulit, sekedar jalan santai atau berlari kecil cukup membantu tubuh bugar kembali sehingga suasana hati menyenangkan dan memengaruhu usia harapan hidup.

6 Tips Kesehatan untuk Para Jemaah Haji Jelang Keberangkatan ke Tanah Suci

"Baik itu jalan cepat, joging, bersepeda, atau sesi olahraga, olahraga teratur meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan suasana hati, dan meningkatkan umur panjang," terangnya.

Saran lainnya adalah menghabiskan waktu di luar ruangan atau di dekat jendela untuk menyerap sinar matahari alami. Sebab, sudah jadi rahasia umum bahwa sinar matahari dibutuhkan tubuh sebagai sumber vitamin D alami yang baik untuk menjaga imunitas.

"Paparan sinar matahari membantu mengatur ritme sirkadian Anda, meningkatkan produksi vitamin D, dan berdampak positif pada suasana hati dan kesehatan secara keseluruhan," ujarnya.

Ilustrasi

Photo :
  • 376082

Nah, tiga kebiasaan pagi untuk meningkatkan kesehatan dan umur panjang yakni minumlah segelas air segera setelah Anda bangun, sertakan aktivitas fisik di pagi hari, dan habiskan waktu di luar di pagi hari. Sayangnya, kunci kedua itu kerap terabaikan lantaran banyak yang terburu-buru melakukan aktivitasnya.

Maka, saran tambahan dari Herman termasuk merencanakan hari Anda dengan menggunakan pagi hari untuk menetapkan tujuan, memprioritaskan tugas, dan menjadwalkan hari. Dengan begitu, tak ada yang terlewatkan dari rutinitas pagi dan kegiatan lainnya.

"Ini membantu menciptakan rasa arah dan tujuan, meningkatkan produktivitas dan mengurangi stres," kata Herman.

Herman juga menambahkan bahwa masyarakat harus meminimalkan paparan perangkat elektronik pada dini hari. Fokus pada kesehatan mental dengan mencoba menikmati suasana tenang dan bernapas dengan baik.

Ilustrasi

Photo :
  • 1320301

“Sebaliknya, fokuslah pada aktivitas yang mendorong kejernihan mental dan relaksasi,” kata Herman.

Dia menambahkan bahwa konsistensi adalah kunci saat membangun kebiasaan pagi. Secara bertahap gabungkan kunci ini ke dalam rutinitas, sesuaikan agar sesuai dengan preferensi dan gaya hidup Anda.

Untuk berolahraga, orang harus melakukan aktivitas setidaknya 150 menit setiap minggu dan memakai tabir surya dengan SPF 20-50 setiap hari untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

"Kebanyakan orang harus berusaha untuk minum cukup di siang hari sehingga kencing mereka berwarna kuning pucat," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya