Wajib Tahu! Ini 7 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Saat Batuk

Ilustrasi batuk.
Sumber :
  • Freepik/drobotdean

Jakarta – Sakit batuk adalah gejala umum yang sering terjadi saat mengalami infeksi saluran pernapasan atau kondisi lainnya. Ketika seseorang sakit batuk, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari karena dapat memperburuk iritasi tenggorokan, menyebabkan peningkatan produksi lendir, atau memperpanjang masa pemulihan.

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

Lantas, makanan dan minuman apa saja yang perlu dihindari bagi orang yang sedang batuk? Dikutip dari situs RS Siloam Hospital, Senin, 10 Juli 2023, berikut ulasan selengkapnya.

1. Makanan yang Digoreng (Gorengan)

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Ilustrasi gorengan.

Photo :
  • U-Report

Gorengan, terutama yang digoreng menggunakan minyak jelantah, merupakan makanan yang harus dihindari saat batuk kering. Pasalnya, minyak yang digunakan untuk menggoreng makanan berulang kali (minyak jelantah) akan menghasilkan senyawa akrolein, yaitu senyawa aldehid tak jenuh pemicu rasa gatal di tenggorokan.

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Di samping itu, tekstur kering dan kasar dari gorengan akan membuat dinding tenggorokan mengalami iritasi yang memperparah gejala batuk kering. Gorengan juga dapat merangsang kenaikan asam lambung yang memicu penyempitan saluran napas hingga menyebabkan refleks batuk.

2. Makanan Pedas

Ilustrasi makanan bercitarasa pedas.

Photo :
  • Pixabay/27707

Ternyata makanan pedas juga harus dihindari bagi mereka yang sedang batuk. Diketahui jika makanan pedas ini mengandung capsaicin yang dapat memicu refleks batuk dan meningkatkan jumlah lendir atau dahak sehingga dapat memperparah gejala batuk.

Namun, di sisi lain zat capsaicin pada cabai juga memiliki sifat antiinflamasi, anti alergi, anti iritasi, dan anti jamur yang dipercaya dapat meredakan gejala batuk. 

Oleh sebab itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu mengenai hal ini untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi kesehatan kamu.

3. Makanan Manis

Ilustrasi makanan manis.

Photo :
  • U-Report

Makanan manis juga menjadi salah satu makanan yang harus dihindari saat batuk dan sakit tenggorokan. Pasalnya, makanan ini ada kandungan gula di dalamnya yang dapat memperparah iritasi dan menyebabkan tenggorokan semakin gatal.

Salah satu jenis makanan manis yang perlu dihindari yaitu cokelat. Ketika mengonsumsi cokelat, makanan ini akan bercampur dengan air liur dan mengental sehingga menimbulkan rasa mengganjal di pangkal tenggorokan dan memicu reaksi batuk.

Meski tidak menyebabkan batuk secara langsung, namun konsumsi makanan manis seperti cokelat tetap perlu dibatasi.

4. Susu dan Produk Olahannya

Ilustrasi susu.

Photo :
  • Freepik

Makanan lainnya yang harus dihindari saat batuk berdahak yakni susu dan produk olahannya, seperti keju dan yoghurt. Mengonsumsi susu dan produk olahannya dapat memperparah gejala batuk, terlebih penderita yang telah mengalami infeksi atau peradangan sebelumnya.

Produk olahan susu dapat memicu produksi dahak dan pembentukan lendir pada saluran pernapasan. Oleh sebab itu, penderita sebaiknya menghindari asupan susu ataupun produk olahannya sementara waktu untuk mempercepat proses penyembuhan.

5. Makanan Olahan

Makanan cepat saji.

Photo :
  • U-Report

Makanan yang harus dihindari saat batuk dan flu selanjutnya yaitu makanan olahan, seperti keripik atau fast food. Makanan olahan cenderung tidak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, di mana nutrisi berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang bertugas melawan infeksi penyebab batuk.

Penderita batuk sebaiknya mengonsumsi makanan dengan nutrisi lengkap untuk meningkatkan imun tubuh, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, ikan, atau daging.

Salah satu menu makanan yang disarankan yakni sup hangat. Rasa hangat dari kuah sup diketahui dapat melegakan tenggorokan dan mengencerkan dahak, sehingga membantu meringankan gejala batuk.

6. Makanan Pemicu Alergi

Makanan laut di Washo Market, Jepang

Photo :
  • VIVA.co.id/Adinda Permatasari

Batuk tidak hanya dapat disebabkan oleh infeksi virus, tetapi bisa juga dipicu oleh masalah kesehatan tertentu, seperti asma yang berkaitan dengan reaksi alergi seseorang.

Pada beberapa kasus, gejala batuk akibat asma disebabkan oleh makanan atau minuman yang mengandung alergen, seperti makanan laut, kacang-kacangan, susu, atau telur. Itulah sebabnya, kamu perlu mengenali sekaligus menghindari jenis makanan dan minuman penyebab alergi.

7. Minuman Berkafein

Ilustrasi es kopi susu.

Photo :
  • Freepik/valeria_aksakova

Tak hanya makanan, minuman berkafein juga bisa menyebabkan tenggorokan kering yang memicu rasa gatal. Kondisi ini tentunya membuat penderita tidak nyaman serta memperparah gejala batuk.

Maka dari itu, sebaiknya batasi konsumsi minuman berkafein, seperti kopi, soda, atau teh, saat sedang batuk. Sebagai gantinya, kamu bisa memperbanyak asupan air mineral kurang lebih dua liter per hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan menenangkan tenggorokan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya