7 Cara Atasi Gangguan Susah Tidur, Nomor 1 Hampir Dilanggar Semua Orang

Ilustrasi menguap/insomnia.
Sumber :
  • Freepik/yanalya

JAKARTA – Walau sering dianggap remeh, tidur merupakan aktivitas penting yang menentukan kualitas hidup manusia. Ketika tidur, tubuh meregenerasi sel-sel yang rusak, mengatur hormon, memperbaiki sel otot, dan membantu memperkuat daya ingat. 

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Namun demikian, bagi sebagian orang, tidur bukanlah hal yang mudah. Ada beberapa gangguan tidur yang membuat sebagian orang tidak dapat mengistirahatkan diri, seperti insomnia. Yuk, scroll untuk informasi selengkapnya.

Bahkan menurut penelitian tahun 2018, 1 dari 10 penduduk Indonesia mengalami insomnia atau gangguan tidur. Angka ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah terbanyak dalam hal gangguan tidur. 

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Di Pulau Jawa dan Bali, gangguan tidur ini dialami oleh 44 persen dari total penduduk lansia. Berikut 7 cara mengatasi gangguan susah tidur, dikutip siaran pers PT LAPI Laboratories. 

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Hindari main gawai sebelum tidur
Menurut National Sleep Foundation, adanya laptop dan handphone di sekitar tempat tidur dapat menyebabkan gangguan tidur. 

Pasalnya, sinar biru yang berasal dari layar gadget dapat mengurangi produksi melatonin pada tubuh, sehingga badan terasa kurang rileks. Karena itu, buatlah kondisi lingkungan di sekitar tempat tidur terasa nyaman, tenang, dan jauh dari gangguan gawai. 

Menetapkan rutinitas tidur 
Tetapkan jadwal tidur yang konsisten setiap hari. Dengan memiliki rutinitas yang konsisten, tubuh perlahan-lahan akan menyesuaikan ritme kerja dan siap beristirahat di jam tertentu. 

Hindari konsumsi alkohol 
Hindari minum alkohol sekitar 3 jam sebelum tidur atau batasi konsumsinya sebanyak 2 gelas per hari. Sebaliknya, cobalah untuk minum segelas susu atau teh herbal sebelum tidur, yang dapat membuat tubuh rileks dan siap untuk beristirahat. 

Melakukan relaksasi sebelum tidur 
Lakukan aktivitas yang mendukung relaksasi sebelum tidur, seperti berendam air hangat, mendengarkan musik yang menenangkan, dan melakukan yoga. Aktivitas tersebut dapat menciptakan suasana nyaman yang mempercepat proses tidur.

Ilustrasi kopi.

Photo :
  • Pexels/The Lazy Artist Gallery

Hindari makanan atau minuman berkafein 
Kafein adalah stimulan yang menjaga tubuh untuk tetap terbangun. Efek kafein dapat dirasakan dalam kurun waktu 6 sampai 8 jam pasca-konsumsi. Karena itu, hindari makanan atau minuman berkafein, seperti kopi atau soda, ketika menjelang tidur. 

Olahraga teratur
Olahraga dan gaya hidup sehat berperan penting dalam menjaga kualitas tidur. Penelitian pada tahun 2021 menunjukkan bahwa olahraga selama 60 menit sebanyak 4 sampai 5 kali dalam periode 8-12 minggu dapat membantu mengatasi insomnia. Namun, hindari melakukan olahraga di jam yang terlalu dekat dengan waktu tidur. 

Konsumsi suplemen untuk mengatasi gangguan tidur
Gangguan tidur berkepanjangan dapat menyebabkan turunnya kebugaran tubuh. Karena itu, kini tersedia banyak sekali suplemen untuk mengatasi gangguan tidur. Tapi ingat, tidak semua suplemen cocok untuk dikonsumsi secara jangka panjang.

“Di pasaran, banyak beredar obat-obatan berdot merah (obat keras), ataupun obat-obatan berdot hijau dan biru yang sering digunakan oleh orang-orang yang mengalami gangguan tidur," kata Dokter Umum, dr. Shania dalam keterangannya, dikutip Minggu 9 Juli 2023. 

"Namun, sebenarnya obat-obatan tersebut bukanlah untuk indikasi mengatasi susah tidur, melainkan ditujukan untuk penyakit lain (seperti alergi), namun memiliki efek samping mengantuk. Mengonsumsi jenis obat-obatan yang seperti ini, tentunya sangat tidak disarankan, apalagi untuk pemakaian jangka panjang,” sambungnya. 

Untuk keamanan, ada baiknya untuk memilih suplemen yang mengandung bahan-bahan herbal natural, seperti Fulaz. Fulaz yang diproduksi oleh PT LAPI Laboratories diklaim dapat memberikan solusi efektif dan aman untuk orang yang mengalami gangguan susah tidur. 

"Kami memahami bahwa gangguan tidur dapat mengurangi kebugaran tubuh. Oleh karena itu, kami meluncurkan produk suplemen Fulaz yang mengandung bahan-bahan alami untuk menangkal gangguan tidur. Obat ini tersedia di apotek dan toko obat terdekat, serta telah mendapat izim BPOM dan sertifikat Halal,” kata Marketing Manager divisi OTC PT LAPI Laboratories, Heskhel Wijaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya