Jadi Prinsip Hidup Lulu Tobing, 8 Langkah Slow Living Patut Dicoba

Lulu Tobing.
Sumber :
  • Instagram @lutob

JAKARTA – Artis lawas Lulu Tobing kembali jadi perbincangan usai muncul dengan prinsip hidupnya mengenai slow living. Rupanya, gaya hidup tersebut membuat istri Bani Maulana Mulia ini merasa lebih nyaman tanpa merasa harus berlomba.

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

"Gue enggak ada kerjaan, ya gue menikmati kerjaan gue yang sekarang ini. Gue enggak jadi sirik sama orang yang dipuja-puja. Gue bener-bener hidup gue slow banget. Gue enggak kompetitif, gue enggak ambisius, gue slow. Slow banget," kata Lulu Tobing mengutip tayangan YouTube Melaney Ricardo, Rabu 26 Juli 2023. Scroll untuk info selengkapnya.

Slow living sendiri adalah cara hidup berdasarkan ide pendekatan yang lebih lambat untuk semua aspek kehidupan sehari-hari. Tujuan dari slow living adalah untuk lebih berhati-hati dengan waktu dan untuk hidup dengan lebih penuh perhatian dan seimbang. 

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Kehidupan yang terkesan lambat memiliki banyak manfaat, termasuk lebih sedikit stres, kesehatan fisik dan mental yang lebih baik, serta hubungan yang lebih baik. Bahkan, seseorang akan lebih menghargai pengalaman sehari-hari dan mengalami peningkatan produktivitas di tempat kerja.

Weekend ke Mana? Yuk, Nikmati Hidangan ala Gourmet Cocok Buat Temen Nongkrong

Orang yang tidak dapat memperlambat hidup dengan urgensi tentang mereka yang dapat menimbulkan konsekuensi kesehatan yang serius, termasuk gangguan tidur, keluhan pencernaan, sakit kepala kronis, penuaan cepat, fluktuasi suasana hati, dan banyak lagi.

Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk memulai slow living ini? Berikut di antaranya dikutip laman Happier Human.

Bangun Lebih Awal dan Sarapan
Untuk langkah ini, Anda harus memulai dengan tidur lebih awal. Semakin awal Anda tidur, semakin mudah Anda bangun. Mudah dan sederhana. Dengan bangun lebih awal, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk menikmati secangkir kopi atau teh, dan benar-benar menikmati sarapan, yang masih dianggap sebagai makanan terpenting hari ini.

Jika Anda terburu-buru sarapan, maka Anda akan merasa terburu-buru sepanjang hari. Ini tidak benar dan juga tidak sehat secara pencernaan. Sebaliknya, mulailah hari Anda dengan perlahan dan dengan niat. Selain itu, saat Anda sedang sarapan, cobalah untuk tetap fokus pada makanan dan tidak terganggu. Ini berarti tidak memeriksa ponsel Anda dan tidak menonton TV. Ada banyak waktu untuk itu nanti.

Jangan Gunakan Ponsel atau Komputer
Jangan menatap ponsel di pagi hari kecuali dibutuhkan secara darurat. Tetapi terus-menerus menggunakan ponsel Anda menyebabkan banyak masalah. Misalnya, Anda bisa berselancar di ponsel di pagi hari setelah sarapan, dari jam 9 sampai jam 10 pagi. Jangan gunakan perangkat Anda setelah waktu yang ditentukan karena itu hanya akan menarik Anda kembali ke gaya hidup cepat yang Anda coba hindari.

Ilustrasi wanita/sahabat/teman/berpelukan.

Photo :
  • Freepik/freepik

Terhubung dengan Keluarga dan Teman
Salah satu bagian terpenting dari hidup lambat adalah memiliki hubungan emosional dan fisik dengan orang lain. Ada banyak cara untuk memperkuat hubungan Anda dengan keluarga dan teman. Anda dapat mengirim SMS, mengirim email, menulis surat, menelepon, melakukan obrolan video atau mengunjungi mereka secara langsung.

Nikmati Berada di Luar Ruangan seperti di Alam
Sebagian besar waktu kita dihabiskan di kantor, rumah kita, kereta api, bus, dan mobil. Namun, bahkan ketika kita pergi keluar, banyak dari kita menghabiskan waktu dengan ponsel kita. Tinggalkan gangguan dan buat komitmen untuk keluar.

Jalan-jalan, joging, atau bersepeda. Amati alam dan lingkungan sekitar Anda. Nikmati ketenangan tanaman hijau dan air, hirup udara segar dalam-dalam, rasakan sensasi angin di wajah Anda.

Coba lakukan ini setidaknya 3-4 hari per minggu, jika tidak setiap hari, baik sendiri atau bersama teman, kolega, atau kerabat. Nikmati waktu di alam bersama, yang juga merupakan cara yang bagus untuk memperkuat hubungan Anda.

Berkendara Perlahan
Mengemudi dengan cepat adalah kebiasaan buruk, umumnya diasosiasikan dengan orang-orang yang menjalani kehidupan serba cepat. Jika Anda khawatir akan terlambat, pergilah lebih awal.

Sebagai bonus, jika Anda mengemudi dengan lambat, Anda mungkin benar-benar menikmati perjalanannya. Nikmati sekeliling Anda, nyalakan musik favorit Anda dan jadikan itu waktu yang damai untuk merenungkan hidup Anda.

Ilustrasi Ibu Bekerja

Photo :
  • Pixabay/ Shaila19

Lakukan Lebih Sedikit
Sulit untuk mengembangkan kebiasaan hidup lambat jika ada sejuta hal dan tugas dalam daftar "tugas" Anda. Pertimbangkan kembali daftar ini dan potong apa yang bisa dipotong.

Buat pilihan sadar untuk melakukan lebih sedikit
Anak Anda melewatkan satu latihan sepakbola, sehingga Anda dapat makan malam dengan anggota keluarga yang melewati kota, tidak akan membuatnya dikeluarkan dari tim. Cobalah untuk fokus pada hal-hal yang benar-benar penting dan apa yang benar-benar perlu dilakukan versus apa yang bisa menunggu atau “pergi”.

Jaga diri sendiri
Penting untuk menemukan waktu untuk diri sendiri, tidak peduli seberapa sibuknya Anda. Anda dapat memasak makanan favorit Anda, pergi ke spa, bersantai dengan buku bagus di sofa, berolahraga, bertemu dengan teman, menonton film, apa saja untuk membantu Anda bersantai dan bersantai sejenak.

Perawatan diri sangat penting, meskipun banyak orang mengabaikannya. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan sekarang untuk menjaga diri sendiri dan berkontribusi pada latihan pelan-pelan Anda:

Pilih aktivitas fisik untuk dilakukan hari ini. Ada banyak aktivitas luar ruangan yang bisa Anda pilih. Tidak harus sesuatu yang rumit, berjalan kaki singkat di taman adalah cara yang bagus untuk memulai. Jangan lupa untuk melibatkan anggota keluarga dan teman-teman Anda untuk menjadikan pengalaman Anda lebih menyenangkan dan memuaskan.

Temukan satu menit untuk melatih kesadaran. Terkadang, Anda hanya perlu satu menit untuk bersantai di sofa atau duduk di bangku di luar dan mendengarkan hati dan pikiran Anda. Menit ini penting karena bisa sangat menenangkan dan memulihkan.

Puji diri Anda sendiri. Pernahkah Anda melakukannya? Pernahkah Anda memerhatikan kecantikan Anda, kekuatan Anda, dan pencapaian Anda? Bukan hanya secara fisik, tapi secara emosional? Jika tidak, pujilah dan ucapkan terima kasih kepada diri sendiri sekarang juga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya