Kabupaten Tangerang Catat Angka TBC Capai 8 Ribu Kasus

Ilustrasi sakit TBC.
Sumber :
  • U-Report

TANGERANG – Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Dinas Kesehatan setempat mencatat, angka Tuberculosis atau TBC di wilayah tersebut mencapai 8.941 kasus. Ribuan angka kasus penyakit menular itu, merupakan total sepanjang tahun 2022.

Baliho Dukungan Sekda Jadi Bupati Tangerang Bertebaran, Begini Aturan ASN-nya

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Achmad Muchlis mengatakan, bila angka kasus penyakit TBC di Kabupaten Tangerang masih cukup tinggi. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

"Berdasarkan estimasi Dinkes, di Kabupaten Tangerang pada akhir tahun 2022 diperoleh jumlah kasus sebanyak 8.941 kasus," katanya, Selasa, 25 Juli 2023.

Turis Australia Ngeluh Terjangkit DBD di Bali, Menkes Bilang Harusnya Bersyukur

Dijelaskannya, tingginya temuan kasus TBC terjadi akibat masih minimnya kesadaran masyarakat untuk berobat. Dan hal ini pun menjadi, tantangan tersendiri yang harus dipecahkan bersama, dicarikan solusi.

Pengidap TBC

Photo :
  • U-Report
2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis

"Masih minim kesadarannya, sehingga hal ini jadi tantangan kami. Agar pelaksanaan program eliminasi Tuberculosis dapat berjalan tepat sasaran dan efektif," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid mengatakan, cara untuk menurunkan angka kasus TBC pun merupakan komitmen bersama dan dukungan seluruh stake holder lintas sektor, baik itu perangkat daerah di lingkungan Pemkab Tangerang, kalangan akademik maupun dunia usaha.

Dimana, hal ini sangat dibutuhkan dalam melaksanakan upaya percepatan eliminasi Tuberculosis di Kabupaten Tangerang.

Ilustrasi wanita menderita TBC.

Photo :
  • U-Report

"Komitmen bersama dan dukungan seluruh pihak baik pemerintah daerah maupun swasta hingga dunia usaha sangat diperlukan untuk percepatan eliminasi Tuberculosis di Kabupaten Tangerang," ujar Maesyal Rasyid.

Lanjutnya, menciptakan kesadaran masyarakat tentang perilaku hidup sehat merupakan tantangan besar bagi semua.

Begitu juga dengan layanan kesehatan yang nantinya dapat diimpelementasikan sebagai upaya penekanan kasus TBC di wilayah Kabupaten Tangerang.

"Kesadaran masyarakat soalnpenyakit ini pun sangat penting, sembari kita iringi dengan layanan kesehatannya. Dimana, para pasien yang memang merasakan gejala TBC bisa melakukan pengecekan ke puskesmas terdekat," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya