Jangan Ragu Makan Seafood, Bisa Cegah Serangan Jantung Hingga Tangkal Depresi

Seafood
Sumber :
  • Pixabay/ Public Domain Pictures

VIVA Lifestyle – Konsumsi seafood atau makanan laut dapat membantu mencegah serangan jantung dan stroke, menurunkan tekanan darah, bahkan dapat membantu menangkal depresi.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Diketahui, konsumsi ikan secara teratur mengurangi risiko serangan jantung hingga 40 persen. Semua ikan memasok protein dalam jumlah tinggi, memiliki kadar lemak jenuh yang rendah, mengandung vitamin E dan antioksidan penting. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Dilansir Food Network, seafood juga bermanfaat bagi penderita diabetes, dapat menyumbangkan kalsium (pada beberapa ikan) untuk diet seseorang, dan dapat mengurangi risiko asma pada anak-anak. Makanan laut juga rendah kalori, tergantung bagaimana cara mengolahnya. 

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Tidak jauh berbeda, Spesialis gizi klinik, dr. Oki Yonatan O, Sp.GK, pun mengatakan bahwa seafood merupakan sumber protein yang berkualitas tinggi karena mengandung lemak jahat yang rendah. 

Kronologi 3 Anggota Keluarga Tercebur ke Sumur, 1 Meninggal Dunia

“Seafood merupakan salah satu sumber protein hewani yang baik, karena kalori seafood relatif lebih rendah dibandingkan dengan protein hewani dari binatang darat," kata dia dalam keterangannya, dikutip Senin 14 Agustus 2023. 

"Selain itu, seafood juga tinggi protein, Omega-3, dan mineral serta rendah kolesterol, yang baik untuk tubuh terutama dalam masa penyembuhan dan pembentukan otot," sambung dokter Oki Yonatan. 

Anjani Miranti, selaku Head of Food Marketing CP Prima, menambahkan, produk olahan berbasis boga bahari dapat menjadi alternatif asupan protein sejak usia dini atau menjadi bekal praktis ke sekolah. 

"Terlebih, nutrisi dari ikan dan seafood, memiliki kandungan Omega 3 dan baik untuk kecerdasan anak. Perlu diketahui bahwa pemenuhan gizi seimbang bisa didapatkan dari protein hewani seperti ikan dan seafood,” kata Anjani Miranti.  

ilustrasi anak kecil makan ikan

Photo :

Anjani lebih lanjut mengatakan, contoh produk berbasis boga bahari antara lain Fiesta Seafood Ebi Fry, Fiesta Seafood Siomay Udang, Shifudo Fish Roll, dan Shifudo Bakso Ikan. 

"Saat ini, ada beberapa produk varian baru juga diluncurkan seperti Shifudo Bakso Kepiting, Shifudo Fish Roll Cheese, dan Shifudo Cumi Flower Lada Hitam. Dengan banyak pilihan variasi produk olahan boga bahari (seafood), diharapkan dapat memudahkan konsumen untuk menikmati produk penuh manfaat dengan praktis," tukas Anjani. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya