Kualitas Udara Memburuk, Ramuan Herbal Ini Ampuh Atasi Sakit Tenggorokan

ilustrasi sakit tenggorokan, tiroid
Sumber :
  • Pixabay

JAKARTA – Kualitas udara di beberapa kota besar di Indonesia, terutama Jakarta, belakangan ini sedang dalam kondisi yang sangat buruk. Hal tersebut disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari polusi kendaraan bermotor hingga industri.

Istri Bintang Emon Positif Narkoba Gegara Obat Flu, Begini Penjelasan Ahli

Kesehatan masyarakat pun perlu mendapat perhatian khusus karena polusi udara bisa memberikan efek yang buruk terutama bagi saluran pernapasan seperti penyakit batuk, pilek, dan sakit tenggorokan. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Untuk meredakan peradangan pada saluran pernapasan atau batuk dan pilek, ada beberapa bahan herbal yang bisa digunakan. Bahan-bahan herbal ini dapat ditemui sehari-hari dan memiliki khasiat yang berguna mengatasi sakit tenggorokan. 

Trik ala Tasya Kamila agar Anak Gak Gampang Sakit, Bisa Dicontek Bun!

Ahli Herbal, Dokter Muthoharrah, M.Si, memberikan resep sederhana ramuan herbal yang bahannya dapat ditemukan secara mudah. Yakni ramuan yang terbuat dari 5 gram buah adas, 100 ml air panas, dan madu secukupnya. Bahan-bahan tersebut bisa dikonsumsi sebanyak tiga kali dalam sehari.

Suka Pake Viagra Biar Genjreng di Ranjang? Hati-hati, Bisa Mengancam Jiwa

"Boleh di konsumsi juga dengan obat kimia namun dikasih jarak sekitar 1-2 jam. Supaya tidak terjadi interaksi antar obat," jelas dokter Muthoharrah, dalam tayangan Hidup Sehat tvOne, Senin 21 Agustus 2023.

Ramuan herbal semacam ini juga aman dikonsumsi bagi orang yang harus minum obat secara rutin. Seperti penderita diabetes yang harus minum obat penjaga kadar gula darah atau penderita kolesterol yang juga harus minum obat secara rutin.

"Bisa, sama dengan yang tadi, tetap di jarak 1-2 jam," tambahnya.

Selain bahan-bahan yang sudah disebutkan, dokter Muthoharrah juga menjelaskan soal khasiat kunyit yang sangat baik dalam mengatasi gejala batuk dan pilek. Menurutnya, kunyit memiliki kandungan zat aktif yang akan bekerja lebih maksimal lagi jika dicampur dengan susu, lada hitam, dan lemak baik.

"Kunyit memiliki zat aktif curcuminoid yang akan lebih maksimal tertarik zat aktifnya jika dicampur dengan susu, lada hitam, dan lemak. Takaran minum nya 1-2 kali seminggu," jelasnya.

Kunyit

Photo :
  • Pixabay/Steve Buissinne

Ada juga daun sirih yang ampuh mengatasi radang tenggorokan dan gejala sakit tenggorokan lainnya. Ahli herbal itu menyarankan untuk berkumur air rebusan daun sirih secara rutin karena berkhasiat tidak hanya mengobati penyakit tetapi juga menjaga kekebalan tubuh.

"Sirih bisa untuk mengatasi batuk atau radang tenggorokan. Cara bikin ramuannya, 4 lembar sirih direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih. Lalu jika sudah hangat dipakai untuk berkumur sampai batas tenggorokan," kata dokter Muthoharrah.

"Ramuan ini bagus untuk memicu sel-sel kekebalan tubuh untuk lebih aktif karena memiliki imunomodulator. Yang kedua sebagai antiseptik yang dapat mengatasi bakteri dalam mulut," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya