10 Cara Jitu agar Anak Nafsu Makan, Coba Hidangkan dengan Lebih Menarik

Memberi makan anak
Sumber :
  • pegipegi

VIVA Lifestyle – Menjaga anak agar memiliki nafsu makan yang baik adalah salah satu tantangan utama bagi orangtua. Nafsu makan yang baik penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Zaidul Akbar Sebut Ada Bahaya Tersembunyi di Balik Kebiasaan Minum Saat Makan

Jika Anda menghadapi masalah anak yang kurang nafsu makan, jangan khawatir. Artikel ini akan memberikan beberapa cara jitu untuk meningkatkan nafsu makan anak Anda.

1. Pilih Makanan yang Menarik dan Nutritif

Dirjen Kementerian Pertanian Bela-belain Patungan Rp500 Juta Buat Beliin Mobil Anaknya SYL

Pastikan makanan yang disajikan menarik dan kaya nutrisi. Hindari makanan cepat saji atau makanan tinggi gula dan lemak yang tidak sehat. Cobalah variasikan warna dan tekstur dalam hidangan anak Anda untuk membuatnya lebih menarik.

2. Tetapkan Waktu Makan yang Teratur

Adipati Dolken Berencana Gak Sekolahkan Anak, Netizen Setuju: Gak Kepake Juga Ilmunya

Anak-anak lebih suka rutinitas. Tetapkan waktu makan yang teratur, termasuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Ini membantu tubuh anak untuk mengatur jam makan dan membangun nafsu makan yang sehat.

Ilustrasi gambar anak yang sedang mengkonsumsi makanan cepat saji

Photo :
  • vstory

3. Libatkan Anak dalam Memasak

Ajak anak Anda untuk membantu memasak. Mereka akan merasa bangga dengan hidangan yang mereka buat dan lebih mungkin untuk mencicipi makanan yang mereka bantu persiapkan.

4. Hindari Gangguan Saat Makan

Jauhkan gangguan seperti televisi atau gadget saat makan. Fokus pada makanan dan interaksi sosial selama makan untuk membantu anak lebih menikmati makanan.

5. Sediakan Porsi yang Sesuai

Jangan terlalu memaksa anak makan lebih banyak daripada yang mereka butuhkan. Sediakan porsi yang sesuai dengan usia dan aktivitas fisik mereka.

6. Ciptakan Hidangan Favorit

Sekali-sekali, masukkan hidangan favorit anak dalam menu. Ini akan membuat mereka lebih bersemangat untuk makan.

7. Jangan Tekan Anak untuk Makan

Hindari memberi tekanan atau hukuman terkait makanan. Ini bisa membuat anak stres dan membuat nafsu makan mereka menurun.

Ilustrasi parenting/orangtua dan anak/anak makan.

Photo :
  • Freepik/freepik

8. Perhatikan Minum

Pastikan anak Anda cukup minum. Terkadang, kurangnya cairan dalam tubuh dapat mengurangi nafsu makan. Air putih adalah pilihan terbaik.

9. Beri Contoh yang Baik

Anak-anak sering meniru perilaku orang dewasa. Jadi, tunjukkan contoh yang baik dengan memiliki pola makan sehat.

10. Konsultasikan dengan Ahli Gizi atau Dokter

Jika masalah nafsu makan anak Anda berlanjut atau sangat serius, konsultasikan dengan seorang ahli gizi atau dokter anak. Mereka dapat memberikan saran yang lebih spesifik sesuai kebutuhan anak Anda.

Jadi kesimpulannya, cara untuk meningkatkan nafsu makan anak adalah tugas yang penting bagi orangtua. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan memberikan perhatian serta kasih sayang yang cukup, Anda dapat membantu anak Anda memiliki nafsu makan yang sehat dan berkembang dengan baik. Ingatlah bahwa setiap anak berbeda, jadi penting untuk memahami kebutuhan dan preferensi makanan mereka secara individu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya