Mudah Ditemui, Ini 5 Bahan Alami yang Dapat Mengobati Diare

Diare
Sumber :
  • Times of India

Jakarta – Diare adalah kondisi medis yang ditandai dengan buang air besar berulang kali dengan tekstur feses cair. Kondisi ini sangat mengganggu karena dapat menghambat aktivitas hingga membuat penderitanya lemas akibat kurang cairan.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Diare umumnya disebabkan karena Infeksi bakteri, virus, atau parasit pada saluran pencernaan atau karena mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu yang terkontaminasi atau mengandung pemanis buatan seperti sorbitol dan mannitol.

Meskipun diare umumnya dapat sembuh dalam 2 sampai 3 hari dengan cukup minum air dan istirahat, mungkin beberapa obat diare alami berikut ini dapat membantu menyembuhkan diare dengan lebih cepat.

Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Luar Biasa Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Berikut adalah beberapa obat diare alami yang bisa Anda coba di rumah:

Ini Dia Keju Paling Berbahaya di Dunia, Sekali Makan Bikin Muntah Hingga Diare Berdarah

1. Oralit

Oralit adalah serbuk yang mengandung natrium klorida, kalium klorida, trisodium, dan glukosa. Kandungan pada oralit itu dipercaya dapat membantu mencegah dan mengatasi dehidrasi akibat diare.

Oralit dapat dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak-anak di atas 12 tahun.

2. Cuka Apel

Proses pembuatan cuka apel menghasilkan senyawa pektin yang membantu pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Keberadaan bakteri baik ini dapat mencegah peradangan saat Anda mengalami diare.

Selain itu, Kandungan antioksidan dalam cuka apel dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi penyebab diare.

Cuka apel

Photo :
  • Times of India

3. Yoghurt

Yoghurt dapat membantu mengatasi diare karena mengandung bakteri baik atau probiotik yang dapat membantu menjaga keseimbangan mikrobiota usus dan memperbaiki fungsi saluran pencernaan.

Selain itu yoghurt juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga membantu tubuh melawan infeksi yang menyebabkan diare dan Kandungan probiotik dalam yoghurt dapat membantu memperbaiki fungsi saluran pencernaan.

4. Pisang

Pisang dapat membantu mencegah diare karena kandungan serat yang tinggi dan kemampuannya untuk mengikat air dalam usus, sehingga memadatkan feses.

Selain itu, pisang  juga mengandung elektrolit seperti kalium, yang dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan mencegah dehidrasi akibat diare.

Pisang

Photo :
  • Eat This

5. Teh jahe

Teh jahe dapat membantu mencegah diare dan memiliki manfaat bagi kesehatan pencernaan, hal ini dikarenakan pada teh jahe terdapat antimikroba yang dapat membantu melawan infeksi bakteri yang menyebabkan diare.

Kandungan zat aktif dalam jahe juga dapat merangsang produksi enzim pencernaan dan meningkatkan pergerakan usus, sehingga membantu mencegah diare.

Untuk membuat teh jahe, Anda dapat mencampurkan beberapa sendok makan jahe yang sudah diparut atau dipotong halus ke dalam secangkir air mendidih. Anda juga dapat menambahkan lemon dan madu secukupnya untuk menambah cita rasa.

Buah pepaya.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Buah pepaya (Carica papaya) adalah buah tropis yang terkenal dengan rasa manisnya dan kandungan nutrisinya yang kaya, terutama bagi tubuh sehingga semakin sehat.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024