Waktu Paling Akurat Lakukan Tes Kehamilan Agar Hasilnya Tak Samar

Ilustrasi tes kehamilan.
Sumber :
  • http://www.rdash.nhs.uk

JAKARTA –  Terlambat menstruasi menjadi salah satu tanda atau ciri seorang wanita mengalami kehamilan. Namun terlambat menstruasi bukan menjadi pertanda mutlak seorang wanita diberi kepercayaan untuk memiliki seorang anak.

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Maka dari itu penting melakukan pengecekan untuk memastikan hal tersebut. Salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah Anda hamil atau tidak dengan melakukan tes kehamilan melalui test pack.

Nantinya Anda cukup mencelupkan test pack dalam urine dan menunggu beberapa saat untuk mengetahui hasilnya. Jika terlihat garis dua berarti Anda hamil dan begitu pula sebaliknya.

Selamat! Mpok Alpa Umumkan Hamil di Usia 37 Tahun

Namun bagaimana jika Anda menemukan garis yang samar-samar pada alat test pack? Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Test Pack

Photo :
  • Pixabay/Publicdoaminpictures
Terkuak, Usia Janin Wanita Hamil di Kelapa Gading yang Tewas Dibunuh

Terkait hal ini, CEO Danpac, Yoevan Wiraatmaja menyebut hasil tes pack samar tersebut lantaran adanya kesalahan dalam penggunaan test pack. 

"Kalau samar-samar itu adanya kesalahan dalam penggunaan alat test pack, nyelupnya terlalu lama, atau kadang terlalu sebentar, makanya ada waktu disarankan, kalau mengikuti petunjuknya hasilnya tidak seperti itu," kata dia dalam acara Posi(+)if, di kawasan Jakarta Utara, Kamis 24 Agustus 2023. 

Dia juga menyebut bahwa untuk waktu tes kehamilan juga perlu diperhatikan. Waktu terbaik untuk melakukan tes kehamilan adalah di pagi hari. Hal ini lantaran hormon HCG tinggi di pagi hari.

Alat pengetes kehamilan.

Photo :
  • Pregnancy

“Tes kehamilan sebaiknya adalah urin pertama di pagi hari kapan saja. Beta HCG tinggi di pagi hari. Kalau dengar telat dua minggu baru tes karena beta HCG benar-benar tinggi,” ujar katanya lebih lanjut. 

Selain itu disarankan untuk tidak makan dan minum minimal dua jam sebelum melakukan tes tersebut. Hal ini lantaran agar tidak mempengaruhi kadar HCG.

“Penggunaan bisa dilakukan kapan saja pagi, siang, sore. Tapi disarankan di pagi,” kata dia.

Selain itu disarankan tidak mencelup test pack tidak lebih dari lima detik. Dan penting membaca petunjuk penggunaan dari test pack tersebut.

Tips ibu hamil 9 bulan agar persalinan lancar

Photo :
  • vstory

“Kalau terlalu lama malah hasilnya tidak keluar sama sekali,” ungkap dia.

Dia juga mengungkap untuk membeli test pack di saat ingin melakukan pemeriksaan kehamilan. 

“Pas tes baru dibeli. Jadi setelah dibuka langsung digunakan, ditakutkan akan lembab jadi ketika melakukan tes tidak terserap dengan baik lantaran sudah terjadi oksidasi,” ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya