Pentingnya Mengganti Sikat Gigi Secara Berkala, Agar Tak Sebabkan Penyakit Serius

Ilustrasi sikat gigi
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Sikat gigi adalah salah satu alat kesehatan gigi yang paling penting dalam rutinitas perawatan gigi kita. Namun, seringkali kita lupa untuk mengganti sikat gigi secara teratur. Banyak dari kita mungkin bertanya-tanya, kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk mengganti sikat gigi? Nah berikut, kita akan bahas pentingnya mengganti sikat gigi secara berkala. 

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dan Pencernaan Lancar dengan Buah Delima

1. Sikat Gigi yang Sudah Usang

Ilustrasi sikat gigi

Photo :
  • Pixabay
Hati-hati, Diare Terus-menerus pada Balita Bisa Sebabkan Stunting

Sikat gigi yang sudah terlalu lama digunakan akan mengalami keausan. Ini adalah tanda pertama bahwa kamu harus mempertimbangkan untuk menggantinya. Saringan sikat gigi mulai hilang kemampuannya untuk membersihkan gigi dengan baik, dan bulu sikat mungkin sudah terpecah. Saat inilah kamu harus mengganti dengan sikat gigi yang baru. 

2. Periode Waktu yang Disarankan

WAML Gelar Kongres ke-28 di Batam, Sejumlah Isu Akan Dibahas

Ilustrasi sikat dengan pasta gigi arang

Photo :
  • instagram.com/dentist_kush

Secara umum, disarankan untuk mengganti sikat gigi setiap 3 hingga 4 bulan. Ini adalah rekomendasi yang umumnya diterima oleh banyak dokter gigi dan ahli perawatan gigi. Alasannya adalah bahwa dalam jangka waktu ini, sikat gigi telah mengalami keausan yang cukup untuk mengurangi efektivitasnya dalam membersihkan gigi dengan baik.

3. Tanda-tanda Lain yang Harus Diwaspadai

Ilustrasi sikat gigi

Photo :
  • Pixabay

Selain keausan, ada beberapa tanda lain yang dapat mengindikasikan bahwa sikat gigi perlu diganti lebih cepat. Misalnya, jika kamu baru saja sembuh dari infeksi atau penyakit seperti flu atau pilek, sebaiknya segera mengganti sikat gigi. Ini karena bakteri dan virus dapat hidup di bulu sikat gigi dan dapat menyebabkan kamu terinfeksi kembali jika tidak menggantinya.

Selain itu, jika kamu melihat ada perubahan warna atau bau yang tidak sedap pada sikat gigi, itu juga dapat menjadi tanda bahwa kamu harus menggantinya. Bau yang tidak sedap atau perubahan warna bisa menunjukkan pertumbuhan bakteri yang tidak diinginkan di sikat gigi.

4. Bagaimana Cara Memilih Sikat Gigi yang Tepat?

Ilustrasi sikat gigi.

Photo :
  • Pixabay

Saat kamu memutuskan untuk mengganti sikat gigi, penting untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada beberapa jenis sikat gigi yang berbeda, seperti sikat gigi dengan bulu lembut, sedang, atau keras. Pilihlah sikat gigi yang sesuai dengan preferensi dan kondisi gigi kamu. 

Selain itu, pastikan sikat gigi yang kamu pilih memiliki kepala yang sesuai dengan ukuran mulut kamu dan nyaman digunakan. Pegangan yang nyaman juga sangat penting karena ini akan memudahkan kamu dalam membersihkan gigi dengan benar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya