Bocah 7 Tahun di Bekasi Meninggal Usai Operasi Amandel, Terungkap Penyebabnya

Ilustrasi anak sakit.
Sumber :
  • freepik/lifeforstock

JAKARTA – Publik tengah dikejutkan dengan nasib malang yang harus dialami oleh A bocah tujuh tahun. A diketahui meninggal dunia pada September 2023 usai menjalani operasi amandel.

Dirjen Kementerian Pertanian Bela-belain Patungan Rp500 Juta Buat Beliin Mobil Anaknya SYL

A sempat menjalani operasi amandel pada 19 September 2023 lalu. Menurut keterangan ayah A, anaknya didiagnosa amandel, kondisi amandel tersebut sudah membesar dan disarankan untuk diangkat. Scroll untuk tahu cerita lengkapnya.

Namun usai menjalani operasi, kondisi A terus menurun. A sempat mengalami henti napas dan henti jantung sehingga harus dirawat di ruang intensif. Beberapa hari setelahnya, tim dokter mendiagnosis A mengalami mati batang otak. Apa itu mati batang otak yang dialami oleh A pasien usia 7 tahun?

Selebgram Bro Jabro Meninggal Dunia

Melansir laman NHS, Rabu 4 Oktober 2023mati batang otak atau dikenal dengan brain stem death adalah ketika seseorang tidak lagi memiliki fungsi otak sehingga diperlukan mesin  pendukung kehidupan buatan. Artinya, mereka tidak akan sadar kembali atau bisa bernapas tanpa alat bantuan.

Parto Patrio Jalani Operasi Kedua, Istri Banyak Berdoa

Seseorang yang mengalami mati otak secara hukum dipastikan telah meninggal. Mereka tidak memiliki peluang untuk sembuh karena tubuh mereka tidak dapat bertahan hidup tanpa alat bantu hidup buatan tersebut.

Kematian otak berbeda dengan keadaan vegetatif
Perbedaan antara kematian otak dan kondisi vegetatif (gangguan kesadaran), yang dapat terjadi setelah kerusakan otak parah, adalah  kondisi vegetatif dapat pulih, namun kematian otak bersifat permanen.

Seseorang dalam keadaan vegetatif masih mempunyai batang otak yang berfungsi, yang artinya:

- Beberapa bentuk kesadaran mungkin ada
- Bernapas tanpa bantuan biasanya dapat dilakukan
- Kecil kemungkinannya untuk sembuh karena fungsi inti batang otak mungkin tidak terpengaruh

Seseorang dalam keadaan vegetatif sudah bangun tetapi tidak menunjukkan tanda-tanda kesadaran. Misalnya, mereka mungkin membuka mata tetapi tidak merespons lingkungan sekitarnya.

Dalam kasus yang jarang terjadi, seseorang dalam keadaan vegetatif mungkin menunjukkan respons tertentu yang dapat dideteksi menggunakan pemindaian otak, namun tidak dapat berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

ilustrasi otak manusia.

Photo :
  • Pixabay

Batang otak
Batang otak adalah bagian bawah otak yang terhubung ke sumsum tulang belakang (bagian dari sistem saraf pusat di tulang belakang). Batang otak bertanggung jawab mengatur sebagian besar fungsi otomatis tubuh yang penting bagi kehidupan termasuk pernapasan, denyut jantung, tekanan darah, dan menelan.

Batang otak juga menyampaikan informasi ke dan dari otak ke seluruh tubuh, sehingga berperan penting dalam fungsi inti otak, seperti kesadaran, kewaspadaan, dan pergerakan. Setelah seseorang mengalami mati batang otak, tidak mungkin seseorang bisa tetap sadar.

Lantas apa yang menyebabkan seseorang mengalami mati batang otak? Mati batang otak bisa terjadi ketika suplai darah atau oksigen ke otak terhenti. Hal ini dapat disebabkan karena henti jantung – ketika jantung berhenti berdetak dan otak kekurangan oksigen. Atau serangan jantung – ketika suplai darah ke jantung tiba-tiba tersumbat.

Insiden ini juga bisa terjadi karena stroke – ketika suplai darah ke otak tersumbat atau terganggu. Hingga pembekuan darah – penyumbatan pada pembuluh darah yang mengganggu atau menghalangi aliran darah ke seluruh tubuh Anda.

Selain itu, kematian otak juga bisa disebabkan oleh cedera kepala yang parah, pendarahan otak, infeksi, seperti ensefalitis, tumor otak. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya