Ahli: Jangan Sobek Plastik atau Mengunyah Es Batu Jika Tak Ingin Gigi Rusak

Ilustrasi gigi
Sumber :
  • Eat This

VIVA Lifestyle – Seorang ahli dan dokter gigi telah berbagi tiga hal yang harus dihindari, namun sering dilakukan, pada gigi kamu untuk menghindari kerusakan yang berkepanjangan.

Dikompori Agar Debat Lawan Hotman Paris, Rocky Gerung: Cincin Beliau Lebih Berkilau dari Otaknya

Dr Shahira Saad, seorang dokter gigi kosmetik di California, memposting video pada bulan Agustus sebagai bagian dari serialnya, 'Hal-Hal yang Tidak Harus Anda Lakukan pada Gigi Anda.'

“Kamu dapat mempercayai saya: Saya seorang dokter gigi kosmetik,” katanya dalam video TikTok yang ditonton hampir delapan juta kali.

Sering Diabaikan, Ini 5 Manfaat Lakukan Scaling Gigi

Banyak hal yang ia bagikan agar penonton bisa menjaga gigi mereka, namun ada beberapa hal penting yang ia highlights dan ternyata tak banyak yang tahu mengenai hal ini. Melansir Daily Health, Senin, 16 Oktober 2023, berikut tiga hal tersebut":

Pasta Gigi Charcoal (Arang)

Gegara Bongkar Dugaan Perselingkuhan Suami, Seorang Istri Malah Ditetapkan Jadi Tersangka

Ilustrasi sikat dengan pasta gigi arang

Photo :
  • instagram.com/dentist_kush

Pertama, dia memperingatkan bahwa pasta gigi arang yang trendi dapat mengikis enamel, menyebabkan gigi secara bertahap mulai menguning. Pasta gigi berbahan arang aktif semakin populer selama beberapa tahun terakhir. Para pendukungnya mengklaim dapat memutihkan gigi, menghilangkan noda di permukaan, menghilangkan plak, dan menyegarkan nafas.

Namun, Dr Saad mengatakan yang terjadi justru sebaliknya. “Anda sebaiknya tidak menggunakan pasta gigi arang,“ katanya.

“Arang terlalu abrasif dan justru mengikis lapisan atas email Anda. Seiring waktu, hal ini dapat menyebabkan senyum Anda menguning karena struktur gigi di bawahnya yang disebut dentin terlihat,”

Enamel adalah lapisan pelindung luar gigi dan dianggap sebagai zat terkeras di tubuh. Dentin adalah lapisan yang terletak tepat di bawah email. Ketika dentin terkena zat abrasif seperti pasta gigi arang, gigi menjadi sensitif.

Semakin banyak penelitian yang menunjukkan bahwa pasta gigi arang lebih berbahaya daripada manfaatnya. Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa karena sifat abrasifnya, arang aktif dapat merusak enamel gigi jika digunakan terlalu lama atau terlalu agresif.

Selain itu, ulasan tahun 2019 di British Dental Journal menemukan bahwa arang tidak memberikan banyak perlindungan terhadap kerusakan gigi. Bahkan, sebuah penelitian tahun 2021 membandingkan efek pemutihan pasta gigi arang dan fluorida dan tidak menemukan perbedaan.

Menggunakan Gigi Sebagai Alat Pembuka

ilustrasi gigi.

Photo :
  • pixabay/pexels

Sangat mudah untuk menggunakan gigi untuk membuka botol atau merobek kertas ketika tidak memiliki alat yang tepat. Namun, hal ini dapat menyebabkan kerusakan yang mahal dan sulit untuk diperbaiki.

“Hal ini dapat menyebabkan gigi Anda retak dengan cara yang tidak baik, sehingga memerlukan perawatan mahkota gigi, perawatan saluran akar, atau bahkan pencabutan,” kata Dr Saad.

Mahkota gigi adalah penutup berbentuk gigi yang membantu memulihkan gigi yang rusak, patah, atau lemah. Menurut Cleveland Clinic, bahan tersebut dapat dibuat dari logam, porselen-leburan-ke-logam (PFM), porselen, atau keramik.

Perawatan saluran akar dirancang untuk menghilangkan bakteri dari saluran akar yang terinfeksi, sehingga mencegah infeksi tambahan.

Mengunyah Es

Air es atau minuman dingin.

Photo :
  • Pixabay/ Tabble

Mengunyah es adalah kebiasaan umum, namun Dr Saad mengatakan bahwa itu bisa menjadi pertanda masalah medis tertentu.

“ASMR mungkin menarik, tapi Anda tidak boleh mengunyah es,” katanya. “Jika Anda ingin mengunyah es, ini disebut pica dan mungkin merupakan tanda bahwa Anda kekurangan zat besi,”

Pica adalah suatu kondisi di mana seseorang mengidam makanan non-makanan seperti es, serpihan cat, dan batu. Penyakit ini paling sering menyerang anak kecil, wanita hamil, atau orang dengan kondisi tertentu seperti gangguan spektrum autisme dan disabilitas intelektual.

Pica juga bisa menjadi tanda anemia defisiensi besi, yang terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup zat besi untuk membuat hemoglobin, suatu zat dalam sel darah merah yang membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Gejala umum anemia defisiensi besi antara lain kelelahan, menggigil, sesak napas, lemas, nyeri dada, pusing, memar, dan sakit kepala. Mengunyah es juga dapat mengikis enamel dan menyebabkan keretakan.

Lebih dari 41.000 perawatan saluran akar dilakukan di AS setiap hari, menurut American Association of Endodontists. Namun jika prosedur ini tidak dapat menyelamatkan gigi, maka kamu harus mencabut seluruhnya dan menggantinya dengan implan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya