Tak Bisa Minum Susu Karena Punya Intoleransi Laktosa? Dokter Beri Tips Ini

Ilustrasi susu.
Sumber :
  • Freepik/freepik

JAKARTA – Minum susu secara rutin dapat bermanfaat positif bagi kesehatan, mulai dari imunitas tubuh, sumber energi, regenerasi sel, hingga memenuhi gizi harian. Sayangnya, tidak semua orang bisa mengonsumsi susu karena mempunyai intoleransi laktosa. Apa itu?

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Intoleransi laktosa sendiri merupakan gangguan pencernaan akibat tubuh tidak dapat mencerna laktosa. Kondisi ini seringkali ditandai dengan diare, perut kembung dan sering buang angin setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung laktosa, seperti susu atau produk olahannya. Yuk, scroll untuk informasi selengkapnya.

Dokter Farhan Zubedi mengungkapkan, kiat untuk mengatasi intoleransi laktosa ialah dengan mengonsumsi susu yang tidak mengandung laktosa. 

Weekend ke Mana? Yuk, Nikmati Hidangan ala Gourmet Cocok Buat Temen Nongkrong

"Intoleransi laktosa adalah kondisi di mana seseorang kesulitan mencerna laktosa. Hal itu terjadi karena di tubuh seseorang kekurangan enzim laktase yang seharusnya mengubah laktosa menjadi glukosa dan juga galaktosa," ujar Dokter Farhan saat peluncuran produk terbaru MilkLife bertema ‘Sweet Surprise’ di kawasan Jakarta Selatan, mengutip keterangannya, Senin 16 Oktober 2023. 

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

"Kalau laktase ini tidak ada, berarti laktosa tidak bisa dicerna, maka akan sampai ke usus besar. Di sinilah terjadinya fermentasi oleh bakteri di dalam usus besar tersebut, sehingga bisa menimbulkan gejala-gejala seperti diare, perut kembung, kram perut, ataupun bergas," sambungnya. 

Dokter yang menerima apresiasi di ajang TikTok Awards Indonesia 2021 di kategori Best of Sports, Fitness, and Wellness ini menambahkan, mengonsumsi susu secara rutin sangat penting untuk kesehatan tubuh, terlebih jika didukung dengan pola makan dan pola hidup sehat.

“Mengonsumsi susu itu penting, karena susu kaya akan vitamin, mineral, protein, hingga kalsium dan beberapa manfaat lain yang berfungsi untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh terutama bagi tulang dan gigi," jelasnya.

"Untuk pola minum susu dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu, selama konsumsi susu tersebut dibarengi dengan gizi seimbang lain yang kita dapatkan dari makanan,” tambahnya.

Head of Commercial PT Global Dairi Alami selaku produsen MilkLife, Soegiono mengatakan, MilkLife Lactose Free Choco Hazelnut merupakan jawaban untuk para penikmat susu bernutrisi bebas laktosa. 

Ilustrasi susu/anak.

Photo :
  • Freepik

"Varian free lactose (bebas laktosa) yang diformulasikan melalui proses enzimatis, sehingga aman dikonsumsi bagi mereka yang alergi laktosa serta memberikan rasa nyaman di perut," tuturnya.

“Kami pastikan bahwa seluruh varian MilkLife Lactose Free aman untuk lactose intolerant, rendah kolesterol, dan mengandung protein. Kami berharap varian baru ini dapat dinikmati oleh seluruh The Milk People agar bersama-sama bisa merasakan kesegaran susu dengan rasa yang luar biasa,” pungkas Soegiono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya