Kualitas Udara Makin Buruk, Anda Perlu Perhatikan 10 Hal Berikut Ini

Polusi Udara Jakarta.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Lifestyle – Kualitas udara buruk dapat memengaruhi daya tahan tubuh dan kesehatan Anda secara umum. Di bawah ini adalah beberapa tips untuk menjaga daya tahan tubuh Anda saat terpapar udara buruk. Apa saja? Scroll terus ke bawah untuk baca artikel selengkapnya.

Langit Yunani Tiba-tiba Berubah Jadi Oranye, Ini Penyebabnya

Hindari Aktivitas di Luar Ruangan

Jika kualitas udara buruk, hindari aktivitas di luar ruangan, terutama jika Anda berada dalam daerah dengan tingkat polusi tinggi. Polusi udara dapat merusak paru-paru dan sistem pernapasan Anda.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Gunakan Masker

Ketika Anda harus berada di luar ruangan, kenakan masker wajah yang dirancang untuk melindungi dari polusi udara. Masker N95 seringkali direkomendasikan untuk mengurangi paparan partikel-partikel berbahaya.

8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Gejala Menopause

Perbanyak Konsumsi Air

Minum air yang cukup sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan membantu membersihkan zat-zat berbahaya dari tubuh.

Konsumsi Makanan Bergizi

Makan makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi, terutama makanan yang mengandung antioksidan, seperti buah-buahan dan sayuran segar. Antioksidan dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat polusi udara.

Konsumsi vitamin

Photo :
  • Times of India

Perbanyak Asupan Vitamin C

Vitamin C dikenal sebagai penguat sistem kekebalan tubuh. Anda dapat mendapatkannya dari buah jeruk, stroberi, paprika merah, dan suplemen jika diperlukan.

Istirahat Cukup

Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup. Tidur yang baik memungkinkan tubuh Anda memperbaiki diri dan memperkuat sistem kekebalan.

Olahraga dalam Ruangan

Jika Anda biasanya berolahraga di luar ruangan, pertimbangkan untuk berolahraga di dalam ruangan selama periode kualitas udara buruk. Beberapa pusat kebugaran dan gym menyediakan fasilitas ini.

Hindari Merokok dan Paparan Rokok

Merokok dan paparan asap rokok dapat merusak paru-paru dan sistem pernapasan. Jika Anda merokok, pertimbangkan untuk berhenti, dan hindari tempat-tempat dengan asap rokok.

Jaga Kebersihan Rumah

Pastikan rumah Anda bersih dan bebas dari debu dan alergen lainnya. Gunakan purifier udara jika diperlukan.

Konsultasikan dengan Dokter

Jika Anda mengalami masalah pernapasan atau gejala yang lebih parah akibat kualitas udara buruk, segera konsultasikan dengan dokter.

Ingatlah bahwa daya tahan tubuh yang baik adalah kunci untuk melindungi diri dari dampak negatif kualitas udara buruk. Tetap waspada terhadap informasi cuaca dan kualitas udara di wilayah Anda, dan ambil tindakan pencegahan yang diperlukan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya