Bukan Cuma Menghibur, Ini 4 Manfaat Nonton Film Superhero untuk Kesehatan Mental

The Marvels
Sumber :

VIVA Lifestyle – Film superhero atau pahlawan super disukai oleh orang-orang dari berbagai usia. Sambil menceritakan kisah seorang pahlawan dengan kekuatan super untuk melindungi orang dari penjahat, ada pelajaran hidup penting yang akhirnya dibagikan oleh film superhero kepada para penontonnya.

Putri Marino Berani Mesra dengan Nicholas Saputra, Ini Reaksi Tak Terduga Chicco Jerikho!

Saat para penggemar Marvel Cinematic Universe bersiap untuk melihat Brie Larson kembali sebagai Kapten Marvel di The Marvels, yang dirilis pada 10 November 2023, ternyata menonton film superhero memiliki manfaat untuk kesehatan mental seseorang. Apa saja? Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

The Marvels adalah salah satu dari sekian banyak film superhero yang pernah dibuat, banyak di antaranya terinspirasi dari karakter buku komik Marvel dan DC. Mereka membawa kita pada perjalanan rollercoaster emosional dengan kematian, persahabatan, cinta, dan pertempuran sengit antara pahlawan super dan penjahat, terkadang juga pahlawan super Vs pahlawan super. Semua narasi dan karakter ini membantu penonton mempelajari pelajaran hidup.

Film Badarawuhi di Desa Penari Bakal Tayang di 28 Negara Bagian AS

Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam International Journal of Narrative Therapy and Community Work menunjukkan bahwa percakapan tentang film superhero dan protagonis buku komik membantu anggota kelompok dukungan sebaya. Mereka membantu mereka untuk tidak hanya menjadi pahlawan dalam cerita mereka, tetapi juga menemukan kekuatan, makna dan tujuan dalam kesulitan mereka.

7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

"Kebanyakan orang menonton film untuk hiburan mereka. Pengaruh sebuah film terhadap kesehatan mental seseorang bergantung pada jenis film yang mereka tonton," kata Dr Ashish Gambre, Konsultan Psikiater, melansir Health Shots, Jumat 10 November 2023.

Film superhero dapat berfungsi sebagai sumber hiburan, relaksasi dan inspirasi, namun juga dapat memengaruhi emosi dan persepsi. Misalnya, film komedi dapat meningkatkan suasana hati seseorang dan dapat menjadi pereda stres. Film sedih mungkin bisa membantu melepaskan emosi seseorang.

Berikut beberapa manfaat menonton film superhero yang baik untuk kesehatan mental.

Motivasi
Menonton film superhero dapat memberikan motivasi dan inspirasi kepada penontonnya. Hal ini dapat mendorong pemirsa untuk berjuang mencapai tujuan mereka dan percaya pada kemampuan mereka sendiri, seperti meniru adegan jagoannya di dalam film.

Membangkitkan imajinasi
Film dapat membantu memicu imajinasi dan kreativitas, terutama saat menonton film superhero. Biasanya dalam film superhero ada adegan-adegan yang mungkin kurang masuk akal di kehidupan nyata, namun terlihat begitu realistis di dalam film.

Membantu menjadi lebih pintar
Karakter superhero menunjukkan kecerdasan dan pandai memecahkan masalah, sehingga akan mendorong pemirsa untuk mencari solusi dari masalah yang kompleks. Misalnya saja Iron Man atau Hulk yang selalu punya cara unik untuk mengalahkan penjahat.

Iron Man

Photo :
  • twitter: Iron_man

Memperkuat ikatan keluarga
Karena film pahlawan super ditujukan untuk berbagai kelompok umur, film tersebut berkontribusi dalam memperkuat ikatan keluarga karena dapat dinikmati bersama. Selain itu, alur cerita filmnya pun memiliki kekeluargaan sebagai bagian yang tidak terpisahkan.

Misalnya, orangtua Bruce Wayne yang terbunuh di hadapannya ketika dia masih kecil. Tragedi itu adalah alasan utama baginya untuk menjadi seorang main hakim sendiri, menyelamatkan masyarakat kotanya Gotham.

Secara keseluruhan, film superhero memiliki dampak yang sama terhadap anak-anak maupun orang dewasa. Ini membantu membangun kepercayaan diri mereka dan mendidik mereka tentang benar dan salah, menumbuhkan pentingnya dan nilai kerja tim. Karakter pahlawan super berperan sebagai panutan bagi anak-anak.

Kekuatan superhero begitu kuat bahkan para ahli pun mendukung terapi superhero. Ini adalah konsep yang melibatkan penggunaan cerita atau karakter dalam buku terkenal, serial TV, film dan video game dan menggabungkannya ke dalam terapi berbasis bukti seperti terapi perilaku kognitif dan terapi penerimaan dan komitmen.

"Ini membantu orang-orang dengan kecemasan ringan, depresi, dan gangguan stres pasca-trauma," kata Dr Gambre.

Hal ini bergerak menuju nilai-nilai dengan belajar bagaimana menerima pikiran, perasaan negatif dan tidak membantu dan membantu mereka berhubungan dengan pahlawan super fiksi yang telah mengatasi banyak perjuangan dan tantangan mereka sendiri. Ini membantu seseorang untuk menjadi pahlawan super versinya sendiri dalam kehidupan nyata.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya