Aurel Hermansyah Lakukan Tes NIPT di Kehamilan Kedua, Apa Itu?

Aurel Hermansyah
Sumber :
  • Instagram @aurelie.hermansyah

VIVA Lifestyle – Pasangan artis Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah sedang deg-degan menantikan kelahiran anak kedua mereka. Diketahui, dalam waktu dekat Aurel akan segera menjalani proses persalinan. 

Selamat! Mpok Alpa Umumkan Hamil di Usia 37 Tahun

Berbagai persiapan tentu saja sudah dilakukan. Termasuk melakukan tes Non Invasive Prenatal Testing (NIPT). Tes ini dianggap penting bagi Aurel, mengingat dirinya pernah mengalami keguguran pada Mei 2021. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

“Di kehamilan kedua ini, aku ambil tes NIPT by NIFTY dari Bumame karena hasilnya paling cepat se-Indonesia dan terlindungi asuransi hingga 800 juta rupiah,” ujar Aurel di Instagram @aurelie.hermansyah, dikutip VIVA, Kamis 9 November 2023.

Terkuak, Usia Janin Wanita Hamil di Kelapa Gading yang Tewas Dibunuh

Lalu, apa itu tes NIPT?
Dilansir Cleveland Clinic, NIPT merupakan skrining kehamilan yang hasilnya diklaim 99 akurat dan aman dalam mendeteksi 90 lebih masalah genetik, terutama Patau Syndrome, Edward Syndrome, Down Syndrome, Klinifelter Syndrome, hingga Turner Syndrome.

6 Artis Ini Bertengkar dengan Keluarga Sendiri, Ada yang Belum Damai Sampai Sekarang

Tes ini juga dapat menentukan jenis kelamin janin. NIPT dilakukan dengan mengambil sampel darah yang juga mengandung fragmen DNA janin. DNA membentuk gen dan kromosom seseorang, dan memberikan sekilas gambaran kepada penyedia layanan kesehatan tentang susunan genetik janin.

Sampel darah kemudian dikirim ke laboratorium dan dianalisis untuk mengetahui kelainan bawaan tertentu. Namun, NIPT tidak dapat menyaring semua kondisi kromosom atau genetik. Penting untuk diingat, tes skrining ini hanya memperkirakan janin mengalami kondisi tertentu, tapi bukan mendiagnosis suatu kondisi. 

American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) dulu hanya merekomendasikan tes NIPT bagi ibu hamil yang dianggap berisiko tinggi. Namun, kini penyedia layanan kesehatan disarankan untuk menawarkan tes ini kepada semua ibu hamil, apa pun risikonya. 

Jika hasil tes NIPT sudah didapat, dokter kandungan biasanya akan menyarankan tes diagnostik, untuk memberikan jawaban pasti apakah janin memiliki kondisi tertentu atau tidak. 

Di Indonesia sendiri, sudah banyak rumah sakit dan laboratorium yang menyediakan layanan tes NIPT. Salah satunya Bumame, yang juga dipakai oleh Aurel Hermansyah hingga Nadine Chandrawinata. Terbaru, Bumame meluncurkan tes NIFTY CORE untuk menambah kelengkapan dalam rangkaian produk skrining kehamilan NIPT by NIFTY.

James Wihardja, CEO Bumame, mengatakan, NIFTY CORE merupakan langkah transformatif dalam menyediakan akses ke layanan skrining kehamilan kelas dunia dengan harga yang terjangkau untuk semua ibu hamil di Indonesia. Dalam jangka panjang, James berharap NIFTY menjadi tes di dalam program tanggungan asuransi, seperti yang sudah diterapkan di Hong Kong, Inggris, Swedia, Belgia, dan Jerman.

"Menurut data Riskesdas, prevalensi Down syndrome di Indonesia dari tahun ke tahun semakin tinggi. Dengan hadirnya inovasi tes NIPT di Indonesia, ibu hamil dapat mengetahui kesehatan genetik janin secara akurat, menyeluruh, dan lebih dini," kata James.

"Oleh karena itu, para calon orangtua pun dapat lebih mempersiapkan diri selama masa kehamilan hingga proses kelahiran sang buah hati. Prosesnya pun sangat aman dan mudah, hanya dengan mengambil sampel darah ibu seperti tes darah lainnya. Tidak ada risiko sama sekali bagi ibu dan calon buah hati,“ imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya