Rice Bran Oil Diklaim Lebih Sehat dari Minyak Goreng Biasa, Benarkah? Ini Penjelasan Ahli Gizi

Ilustrasi memasak panada pakai minyak goreng.
Sumber :
  • Pixabay/ Hans

JAKARTA – Minyak nabati atau minyak goreng yang secara umum dikenal masyarakat di Indonesia memegang peranan penting sebagai cooking essentials dan juga asupan nutrisi sehari-hari yang melekat pada budaya kuliner tanah air yang kaya dan unik, terutama dalam pengolahan makanan menjadi gorengan yang sangat bervariasi dari daerah satu ke daerah lain.

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Di sisi lain, ada stigma di kalangan masyarakat yang berpendapat bahwa proses penggorengan dapat menyebabkan hasil masakan menjadi tidak sehat. Benarkah? Yuk, scroll untuk mengetahuinya.

Hal ini sebetulnya tidak sepenuhnya tepat jika pemilihan bahan yang secara bijak, teknis memasak yang tepat, dan jumlah yang tertakar baik dapat membuat hasil gorengan yang enak tanpa mengorbankan nutrisi yang baik yang sudah terkandung dalam bahan masakannya. Apalagi mengorbankan aspek kesehatan.

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Dibutuhkannya minyak nabati atau minyak goreng unggulan yang mendukung gaya hidup sehat seperti yang diverifikasi oleh Ahli gizi, Dr. Yohan Samudra, Sp.GK, yang mengatakan bahwa saat ini pada umumnya kebiasaan makan sehari-hari masyarakat Indonesia banyak diolah dengan minyak dan santan.

Weekend ke Mana? Yuk, Nikmati Hidangan ala Gourmet Cocok Buat Temen Nongkrong

Memang terdapat peningkatan signifikan dalam kesadaran hidup sehat di mana banyak yang semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan melalui gaya hidup yang seimbang, termasuk pola makan sehat, olahraga teratur, dan manajemen stres.

Pergeseran ini didukung oleh aksesibilitas informasi kesehatan dan tren kebugaran. Namun pada kenyataannya Indonesia dikenal sebagai negara dengan konsumsi domestik minyak goreng tertinggi di dunia. Itulah sebabnya banyak orang mulai beralih dari minyak goreng biasa ke rice bran oil yang terbuat dari 100 persen minyak bekatul padi murni kaya akan antioksidan alami yaitu gamma oryzanol yang secara ilmiah banyak memiliki manfaat kesehatan dan baik untuk asupan gizi.

"Rice bran oil terbuat dari kulit beras merah yang diolah hingga menjadi minyak. Beras merah ini lebih sehat dari pada beras putih karena ada kulit ari yang tinggi serat, vitamin dan mineral, serta antioksidan atau radikal bebas," terang Dokter Yohan dalam acara peluncuran Sania Royale Rice Bran Oil, di Ranch Market Ashta District 8, Jakarta, Kamis 7 Desember 2023.

Rice bran oil sendiri dinilai lebih unggul daripada minyak goreng biasa dalam menghasilkan makanan yang berkualitas. Minyak yang satu ini memiliki titik didih yang cukup tinggi ketika dipanaskan, sehingga ketika suhunya naik tidak akan keluar asap. Oleh sebab itu, hasil goreng-gorengan yang dibuat akan jauh lebih renyah dan gurih karena minyaknya tidak mudah rusak.

Di sisi lain, terdapat juga studi yang menunjukkan adanya perburukan kebiasaan makan pada generasi muda dan dewasa saat ini. Kebiasaan itu seperti menyukai fast food atau processed food, kurangnya edukasi diri tentang kandungan gizi bahan makanan yang diasup, pengaruh tren makanan di sosial media, gaya hidup sedentary, sering emotional eating, dan berbagai kebiasaan kurang baik lainnya.

Ilustrasi memasak dengan minyak goreng.

Photo :
  • Pexels/cottonbro

Kebiasaan makan ini dapat menciptakan risiko kesehatan metabolic syndrome seperti bertambahnya lemak visceral dan subkutan, risiko serangan jantung dan stroke, diabetes, gagal ginjal, dan beberapa penyakit lainnya.

Minyak bekatul murni, yang diekstrak dari lapisan kulit beras, merupakan sumber yang kaya gamma oryzanol. Gamma oryzanol adalah kelompok senyawa fitosterol yang ditemukan secara alami dalam beras, terutama dalam bagian kulit beras dan lapisan aleuron (lapisan tipis di antara bagian luar dan dalam butir beras).

"Gamma oryzanol adalah senyawa yang ditemukan dalam minyak beras di mana kandungan ini memiliki beberapa manfaat yang membuat asupan minyak yang mengandung gamma oryzanol menjadi penting dalam konteks kesehatan,” bebernya.

“Contohnya gamma oryzanol dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan LDL (kolesterol jahat). Ini dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung dan meningkatkan profil lipid secara keseluruhan," sambung Dokter Yohan.

Dokter Yohan juga mengungkap bahwa bahwa kandungan vitamin E yang tinggi pada gamma oryzanol membuatnya memiliki sifat antioksidan maka dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh membantu mencegah kerusakan sel dan berbagai penyakit degeneratif.

Penting untuk diingat bahwa sumber vitamin E dalam gamma oryzanol mungkin bervariasi tergantung pada kualitas dan pengolahan minyak beras yang digunakan sehingga memiliki lebih banyak nutrisi, termasuk vitamin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya