Pria Wajib Tahu, Ini 5 Tanda Kesehatan Seksual Memburuk

Ilustrasi pria telanjang
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Sistem tubuh manusia merupakan suatu mekanisme yang kompleks. Dengan banyaknya organ, otot, dan saraf yang berfungsi seakan-akan memiliki kehidupan sendiri, menilai apakah semuanya berjalan dengan baik atau tidak bisa menjadi sesuatu yang membosankan bagi orang awam seperti kita. Hal ini terutama berlaku bagi mereka yang aktif secara seksual.

5 Mitos Tentang Masturbasi, Benarkah Bisa Hilangkan Keperawanan?

Tubuh kita merespons segala sesuatu yang kita nikmati, termasuk makanan, minuman, percakapan, atau bahkan aktivitas seksual. Oleh karena itu, kadang-kadang, dampak dari aktivitas tersebut dapat mempengaruhi kesehatan kita, meskipun mungkin tidak selalu terlihat secara jelas. 

Dilansir dari mensxp, berikut adalah beberapa tanda terkait kesehatan seksual yang mungkin mudah diabaikan, namun seharusnya selalu diwaspadai.

2 Pria yang Buat Remaja Perempuan 16 Tahun Tewas di Hotel Jaksel Terancam 20 Tahun Bui

1. Benjolan di Dekat Alat Kelamin

Penting untuk memeriksa area sekitar skrotum apakah ada pertumbuhan atau pembentukan benjolan di sekitar area tersebut.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Karena area di sekitar alat kelamin sensitif, benjolan terkadang muncul karena rambut tumbuh ke dalam, tapi bisa juga merupakan tanda kutil kelamin atau infeksi.

2. Pembuangan

Ilustrasi pria.

Photo :
  • Pixabay

Ketika kamu melihat penis atau rektum mengeluarkan cairan yang tidak biasa, itu adalah tanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan kesehatan seksual.

Keputihan berwarna hijau atau kuning dapat menandakan penyakit gonore, sedangkan keputihan berwarna putih dapat berarti trikomoniasis, dan jika keputihan berwarna putih namun tidak berbau dan kental, hal tersebut dapat berarti kamu mengalami infeksi jamur.

3. Sensasi Terbakar Saat Kencing

Petunjuk lain yang menunjukkan bahwa kamu mungkin mengalami masalah kesehatan seksual adalah ketika merasakan sensasi terbakar saat buang air kecil.

Biasanya merupakan indikasi ISK, namun hal ini bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan, namun tetap tidak boleh dianggap enteng. Bisa juga berarti adanya penyakit menular seksual seperti klamidia, gonore, dll.

4. Infeksi/Iritasi Mata

Informasi yang sering terlewatkan tentang PMS adalah bahwa kondisi ini juga dapat menyebar melalui hubungan seksual oral, di mana salah satu metodenya adalah ketika air mani atau cairan vagina dapat terpapar ke mata dan menyebabkan infeksi. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk segera mendapatkan pemeriksaan dan menggunakan kondom pada kesempatan lain untuk mencegah penyebaran infeksi.

5. Nyeri Dekat Alat Kelamin

Ilustrasi kelamin pria.

Photo :
  • pixabay

Rasa sakit di bagian tubuh manapun merupakan indikasi ketidaknyamanan dan harus diperhatikan. Terutama jika terjadi di daerah sekitar alat kelamin atau perut, kemungkinan ada masalah yang perlu diwaspadai.

Contohnya, pembengkakan pada testis, pendarahan, atau bahkan nyeri selama berhubungan seks dapat menjadi tanda-tanda bahwa tubuh Anda mungkin mengalami PMS atau infeksi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya