WHO Peringatkan Larangan Vape di Berbagai Dunia, Ini Sederet Bahaya Mengerikannya

Vape atau rokok elektrik.
Sumber :
  • Unicare Clinic

VIVA Lifestyle – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan bahwa pemerintah di berbagai negara perlu mengambil tindakan segera untuk mengendalikan rokok elektrik atau vape untuk melindungi generasi muda, serta non-perokok, dan meminimalkan dampak buruk kesehatan terhadap masyarakat.

Disfungsi Ereksi Bukan Cuma Masalah Pria Tua! Kenali 5 Faktor Pemicunya di Usia 20-an

Vape tidak terbukti efektif untuk berhenti menggunakan tembakau atau merokok. Sebaliknya, bukti-bukti mengkhawatirkan telah muncul mengenai dampak buruk terhadap kesehatan masyarakat. Rokok elektrik atau vape saat ini telah diizinkan beredar di pasar terbuka dan dipasarkan secara agresif kepada generasi muda. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Berdasarkan laporan WHO, ada 34 negara melarang penjualan rokok elektronik, 88 negara tidak memiliki usia minimum untuk membeli rokok elektronik dan 74 negara tidak memiliki peraturan untuk produk-produk berbahaya ini sehingga banyak anak usia dini yang menggunakannya.

Produk Tembakau Alternatif untuk Perokok Dewasa, Bukan bagi Generasi Muda

"Anak-anak direkrut dan dijebak sejak usia dini untuk menggunakan rokok elektrik dan mungkin kecanduan nikotin," kata Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal WHO, dikutip Mirror, Kamis 28 Desember 2023.

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

"Saya mendesak negara-negara untuk menerapkan langkah-langkah ketat untuk mencegah penyerapan guna melindungi warganya, terutama anak-anak dan remaja mereka," tambahnya.

Sementara itu, Dr Ruediger Krech, Direktur Promosi Kesehatan WHO menyatakan bahwa vape menyasar anak-anak melalui media sosial dan influencer, dengan setidaknya 16.000 rasa.

"Beberapa dari produk ini menggunakan karakter kartun dan memiliki desain yang ramping sehingga menarik bagi generasi muda. Terdapat peningkatan yang mengkhawatirkan dalam penggunaan rokok elektrik di kalangan anak-anak dan remaja dengan tingkat penggunaan yang melebihi penggunaan orang dewasa di banyak negara," ujarnya.

Bahaya Vape

Rokok elektrik yang mengandung nikotin ini sangat membuat ketagihan dan berbahaya bagi kesehatan. Meskipun dampak kesehatan jangka panjang belum sepenuhnya dipahami, telah diketahui bahwa zat tersebut menghasilkan zat beracun, beberapa di antaranya diketahui menyebabkan kanker dan beberapa lainnya meningkatkan risiko gangguan jantung dan paru-paru.

Penggunaan vape juga dapat memengaruhi perkembangan otak dan memicu gangguan belajar pada remaja. Paparan rokok elektrik pada janin dapat berdampak buruk pada perkembangan janin pada ibu hamil. Paparan emisi dari vape juga menimbulkan risiko bagi orang yang melihatnya.

Vape atau rokok elektrik.

Photo :
  • Shamieh Law

Awal tahun ini, American Heart Association (AHA) mengungkapkan bahwa kombinasi nikotin, pengental, pelarut, dan perasa dalam rokok elektrik vape menimbulkan risiko lebih besar terhadap kesehatan jantung dibandingkan merokok. Tahun lalu, penelitian yang dilakukan oleh AHA menunjukkan bahwa anak muda yang menggunakan vape memiliki risiko 15 persen lebih besar terkena stroke dibandingkan perokok.

Banyak orang mengira bahwa menghirup asap vape tidak terlalu berbahaya, namun penelitian menunjukkan bahwa hal tersebut tidak terjadi. Tim peneliti di universitas-universitas di Virginia dan North Carolina menemukan bahwa ketika pengguna rokok elektrik melakukan vaping di dalam mobil mereka selama kurang dari sepuluh menit, udara di sekitar mereka menjadi kental dengan materi partikulat yang berpotensi beracun yang dikenal secara spesifik sebagai PM2.5.

Partikel yang berdiameter kurang dari 2,5 mikrometer ini dapat menembus jauh ke dalam paru-paru, mengiritasi dan menimbulkan korosi pada dinding alveolar, sehingga mengganggu fungsi paru-paru.

Dr Boxer Wachler merujuk pada penelitian yang dilakukan tahun lalu dan diterbitkan dalam Critical Review in Toxicology, yang menunjukkan bahwa dari 11,350 pasien dengan kerusakan paru-paru akibat vape, setengahnya menggunakan nikotin dan THC, bahan penginduksi tinggi yang ditemukan dalam ganja.

"Kerusakan paru-paru dapat terjadi dengan jenis vape apa pun. Tolong jangan pakai vape," kata Dr Boxer Wachler.

Karena efek vaping pada paru-paru begitu parah, ada suatu kondisi yang dinamai berdasarkan nama tersebut. Cedera paru-paru terkait penggunaan rokok elektrik atau vaping, juga dikenal sebagai EVALI, adalah penyakit paru-paru parah yang terkait dengan penggunaan rokok elektrik dan produk vaping lainnya.

Penyakit ini secara resmi diakui sebagai penyakit pada 2019. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), gejala EVALI meliputi gejala gastrointestinal, termasuk mual, muntah, sakit perut, atau diare Gejala pernapasan, termasuk batuk, sesak napas, atau nyeri dada, gejala konstitusional nonspesifik, seperti demam, menggigil, atau penurunan berat badan.

"Beberapa pasien melaporkan bahwa gejala mereka berkembang dalam beberapa hari, sementara yang lain melaporkan bahwa gejala mereka berkembang dalam beberapa minggu. Infeksi paru-paru tampaknya tidak menimbulkan gejala," kata CDC.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya