Manfaat Tersembunyi Buah Markisa, Cegah Penyakit Kronis Hingga Cegah Kegemukan

Buah Markisa
Sumber :
  • Pixabay/ MissSuki

VIVA Lifestyle – Jika Anda bertanya-tanya apakah akan menambahkan markisa ke keranjang belanja Anda, kami sarankan Anda melakukannya segera!  Bagian luar buah yang gelap dipadukan dengan warna cerah dan biji di bagian dalam menjadikannya markisa menjadi salah satu buah terunik di pasar.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Tidak hanya tampilannya yang menarik, ternyata buah ini juga sangat kaya akan antioksidan, serat, dan vitamin. Secara keseluruhan, sumber nutrisi yang sesungguhnya ada di buah satu ini. Yuk, simak manfaat buah markisa untuk kesehatan. Scroll selengkapnya artikel berikut ini dilansir dari berbagai sumber.

Apa itu Buah Markisa

8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Gejala Menopause

Buah markisa memiliki bagian tengah yang berair dan berisi biji serta kulit yang keras dan berwarna-warni. Varietas yang paling populer adalah ungu dan kuning. Bijinya yang lembut menghasilkan kenikmatan yang paling nikmat.

Terungkap, 10 Filosofi Penyembuhan Penyakit Kronis dengan Metode Holistik

Apakah buah markisa itu sehat?

Buah-buahan sangat baik dalam hal kekebalan tubuh, begitu pula dengan buah markisa. Ahli diet Garima Goyal mengatakan, "buah ini kaya akan vitamin dan mineral penting, terutama vitamin C, yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mendukung kesehatan kulit. Selain itu, mereka juga mengandung vitamin A, kalsium, potasium, dan magnesium dalam jumlah yang baik. Mereka juga merupakan sumber serat yang baik dan kaya antioksidan.”

Manfaat buah markisa

Photo :
  • pixabay

Manfaat Luar Biasa Buah Markisa

1. Mencegah penyakit kronis

Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah markisa, termasuk vitamin C dan polifenol, membantu melawan stres oksidatif dan menurunkan risiko penyakit kronis.

2. Indeks glikemik yang relatif rendah

Buah markisa memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga tidak meningkatkan kadar glukosa darah dan aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Ada yang bernama asam askorbat yang terdapat pada buah markisa. Sebuah penelitian, yang diterbitkan dalam Preventive Nutrition and Food Science, menunjukkan bahwa asam askorbat sangat bagus untuk gula darah, oleh karena itu, buah markisa terdaftar sebagai cara yang bagus untuk meningkatkan kadar insulin dalam tubuh.

3. Mengatur berat badan

Jumlah serat yang baik pada buah ini membuat Anda kenyang lebih lama sehingga mencegah seringnya mengunyah. Selain itu, seratnya membantu meredakan sembelit dan melancarkan buang air besar secara teratur. Penelitian yang dipublikasikan di Nutrition Research ini menunjukkan bahwa kulit buah markisa juga dapat menurunkan peradangan.

Ilustrasi sistem kekebalan tubuh yang buruk

Photo :
  • Pixabay/ Mojpe

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Antioksidan kuat seperti vitamin C dan senyawa tanaman lainnya, membantu melawan infeksi dan meningkatkan kekebalan. Faktanya, penelitian yang dipublikasikan di Fish Nutrition and Feed Technology ini menguji dampak bubuk kulit buah markisa pada ikan. Ditemukan bahwa sistem kekebalan tubuh terstimulasi secara efektif berkat kulit buah markisa.

5. Kesehatan jantung yang lebih baik

Meskipun olahraga bagus untuk mengontrol tekanan darah, kandungan potasium pada buah markisa dapat membantu mengaturnya. Selain itu, serat dan antioksidannya dapat membantu mencegah penumpukan kolesterol di arteri.

6. Mikrobioma usus

Serat yang banyak dalam buah kecil ini bertindak sebagai prebiotik dan membantu menjaga mikrobioma Anda diperkaya dengan bakteri baik. Hal ini secara otomatis dapat mencegah banyak penyakit dan menjamin kesejahteraan.

Bisakah Anda makan buah markisa terlalu banyak?

Ya, tidak ada sesuatu yang berlebihan yang baik, dan hal itu juga berlaku untuk buah eksotis ini. “Buah markisa mengandung gula alami, dan mengonsumsinya dalam jumlah banyak dapat menyebabkan peningkatan asupan kalori yang berpotensi berkontribusi pada penambahan berat badan. Mengonsumsinya dalam jumlah banyak dapat menyebabkan gangguan pencernaan karena tingginya jumlah serat yang sulit ditangani oleh sistem Anda,” jelas Goyal.

Perlu diketahui bahwa bagi penderita penyakit ginjal, disarankan untuk menghindari buah markisa karena kandungan potasiumnya yang tinggi.

Cara Tepat Konsumsi Buah Markisa

Jadi jika Anda sudah memutuskan untuk memasukkan buah markisa ke dalam menu makanan Anda setiap hari, dan sedang mencari cara menarik untuk melakukannya, lihatlah ide-ide di bawah ini!

1. Buah utuh

Nah, yang ini tidak perlu dipikirkan lagi. Ambil satu buah dan ambil manfaatnya. Buah markisa merupakan buah serbaguna yang dapat dinikmati dengan berbagai cara yang nikmat, namun cara yang paling umum adalah dengan mengkonsumsinya dalam bentuk buah utuh.

2. Buatlah yogurt

Buah markisa dapat dikonsumsi bersama dengan bijinya, dan merupakan kombinasi sempurna dengan yogurt. Anda cukup mencampurkannya dan menikmatinya.

3. Haluskan

Cara lain untuk menikmatinya adalah dengan mencampurkannya dengan buah-buahan lain dan membuat smoothie yang enak dan bergizi.

4. Salad buah selalu menjadi pemenang

Tambahkan markisa ke salad buah untuk menambah rasa dan tekstur. Bijinya memberikan rasa renyah yang nikmat dibandingkan buah-buahan lainnya, sehingga menjadikannya pilihan makanan yang sehat.

5. Penambahan topping

Mendambakan sesuatu yang manis, ada pilihan yang luar biasa! Buah markisa juga bisa dinikmati sebagai jeli, dengan sedikit tambahan gula. Anda juga bisa menggunakan buah markisa sebagai topping pada makanan penutup apa pun dan menikmatinya.

Demikian tadi manfaat tersembunyi buah markisa yang jarang dipahami.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya