Ancaman Kanker Mengintai! Kasus Diperkirakan Melonjak 77% di Tahun 2050

Ilustrasi Kanker
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada hari Kamis memperingatkan bahwa beban kanker global semakin meningkat dan bahwa badan PBB memperkirakan terjadi lonjakan 77% dalam kasus kanker pada tahun 2050.

Realme Menyapa Pengguna Lewat WhatsApp

Menjelang Hari Kanker Sedunia, WHO dan Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC) merilis perkiraan terbaru tentang kasus kanker dan data tentang berapa banyak negara bagian membiayai kanker dan layanan perawatan paliatif.

Pada tahun 2022, diperkirakan ada 20 juta kasus kanker baru dan 9,7 juta kematian, menurut perkiraan IARC yang diberikan dalam sebuah pernyataan. Perkiraan jumlah orang yang hidup dalam waktu lima tahun setelah diagnosis kanker adalah 53,5 juta.

Polisi Gerebek Pameran Otomotif dan Sita 4 Mobil Rp48 Miliar

Ilustrasi sel kanker.

Photo :
  • Freepik

Itu menunjukkan bahwa sekitar satu dari lima orang mengembangkan kanker dalam hidup mereka dan bahwa satu dari sembilan pria dan satu dari 12 wanita meninggal karena penyakit ini.

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

Tiga jenis kanker utama pada tahun 2022 adalah kanker paru-paru, payudara, dan kolorektal, penelitian menunjukkan. Ia menambahkan bahwa kanker paru-paru adalah yang paling umum di seluruh dunia, dengan 2,5 juta kasus baru.

Ini diikuti oleh kanker payudara wanita dengan 2,3 juta kasus dan kanker kolorektal dengan 1,9 juta kasus. Perkiraan IARC mencakup 185 negara dan 36 kanker, menurut pernyataan tersebut.

Survei WHO terhadap 115 negara menunjukkan bahwa hanya 39% negara yang berpartisipasi yang mencakup dasar-dasar manajemen kanker sebagai bagian dari layanan kesehatan inti yang dibiayai untuk semua warga negara.

“Survei global baru WHO menyoroti ketidaksetaraan utama dan kurangnya perlindungan finansial untuk kanker di seluruh dunia, dengan populasi, terutama di negara-negara berpenghasilan rendah, tidak dapat mengakses dasar-dasar perawatan kanker,” kata Bente Mikkelsen, direktur departemen penyakit tidak menular di WHO, dikutip dari Anadolu.

“WHO, termasuk melalui inisiatif kankernya, bekerja secara intensif dengan lebih dari 75 pemerintah untuk mengembangkan, membiayai, dan menerapkan kebijakan untuk mempromosikan perawatan kanker bagi semua. Untuk memperluas pekerjaan ini, investasi besar sangat dibutuhkan untuk mengatasi ketidakadilan global dalam hasil kanker,” lanjutnya.

35 juta lebih banyak kasus kanker diprediksi pada tahun 2050

Ilustrasi kanker serviks.

Photo :
  • iStockphoto.

Lebih dari 35 juta kasus kanker baru diprediksi pada tahun 2050, mewakili kenaikan 77% dari perkiraan 20 juta kasus pada tahun 2022, perkiraan IARC menunjukkan.

Itu menekankan bahwa beban kanker global yang berkembang pesat mencerminkan “penuaan dan pertumbuhan populasi, serta perubahan paparan orang terhadap faktor risiko.”

“Dampak dari peningkatan ini tidak akan dirasakan secara merata di seluruh negara dengan tingkat HDI (Indeks Pembangunan Manusia) yang berbeda. Mereka yang memiliki sumber daya paling sedikit untuk mengelola beban kanker mereka akan menanggung beban beban kanker global,” kata Freddie Bray, kepala pengawasan kanker IARC.

Dr. Cary Adams, kepala Persatuan untuk Pengendalian Kanker Internasional, juga mengatakan dalam siaran pers WHO bahwa terlepas dari kemajuan yang dibuat dalam deteksi dini kanker dan pengobatan, “perbedaan yang signifikan” dalam hasil pengobatan kanker tidak hanya ada antara wilayah berpenghasilan tinggi dan rendah di dunia, tetapi juga di dalam negara.

Menggambarkan masalah tidak hanya tentang sumber daya tetapi juga tentang kemauan politik, Adams mengatakan, alat ada untuk memungkinkan pemerintah memprioritaskan perawatan kanker, dan untuk memastikan bahwa setiap orang memiliki akses ke layanan yang terjangkau dan berkualitas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya