Pameran Kesehatan Siap Digelar, Bisa Cek Kolesterol Hingga Golongan Darah Gratis

Ilustrasi dokter
Sumber :
  • www.pixabay.com/jennycepeda

MEDAN – Pameran industri kesehatan, Medan Hospital Expo ke-12 digelar di Santika Premiere Dyandra Hotel and Convention Medan, Sumatra Utara, pada 21-23 Februari 2024 mendatang.

Parto Patrio Terbaring Lemah di RS Usai Operasi, Istri: Patah Hati Aku

Pameran ini diselenggarakan bersamaan dengan Seminar dan Workshop Perumahsakitan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Wilayah Sumatra Utara ke-14 bertema Kesiapan Rumah Sakit dalam Transformasi Kesehatan di Era Digital. Yuk, scroll untuk informasi selengkapnya.

Yudha Imam Sutedja, S.Kom, M.M., Direktur Marketing & Finance PT. Okta Sejahtera Insani, selaku penyelenggara pameran memaparkan, Medan Hospital Expo ke-12 menempati lahan seluas 555 m2 yang diikuti perusahaan-perusahaan pelaku industri alat kesehatan produksi dalam dan luar negeri. 

Eko Patrio Ungkap Sakit yang Diidap Parto Hingga Harus Dioperasi

Alat-alat kesehatan yang dipamerkan merupakan kebutuhan rumah sakit serta keperluan pribadi di rumah. Selain itu, ikut berpartisipasi juga sejumlah rumah sakit di wilayah Sumatra Utara. 

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

"Peralatan kesehatan terkini yang dipamerkan sangat beragam, mulai alat diagnosa, baju seragam rumah sakit, alat emergensi, mesin laundri, sistem informasi digital rumah sakit, peralatan kamar, tempat tidur pasien, serta alat diagnosa pribadi seperti alat cek gula darah, tensimeter dan termometer,” kata Yudha dalam keterangannya, dikutip 15 Februari 2024. 

Yudha menargetkan sekitar 2.500 pengunjung, utamanya adalah para pelaku layanan fasilitas kesehatan, baik itu yang mengikuti rangkaian Seminar dan Workshop Perumahsakitan, maupun yang datang untuk pameran, serta tentunya masyarakat umum. 

Pengunjung dapat masuk tanpa berbayar dan tidak perlu registrasi daring. Jangan lewatkan pula pemeriksaan kesehatan gratis yaitu cek gula darah, lemak darah, golongan darah dan kolesterol total. Selain itu, pengunjung juga dapat melakukan kegiatan donor darah yang dilakukan PMI Kota Medan.  

”Medan Hospital Expo ke-12 adalah fasilitas yang mempertemukan penyedia alat-alat kebutuhan rumah sakit dengan konsumen sekaligus menyediakan informasi produksi teknologi terkini, terutama kalangan perumahsakitan di Medan serta Sumatera Utara. Pameran ini kami harapkan juga bisa menjadi pusat pameran alat-alat kesehatan dan kebutuhan rumah sakit di wilayah Indonesia bagian barat, terutama Pulau Sumatera," jelasnya.

Yudha optimistis, pameran ini dapat menjadi pendorong tumbuh kembangnya industri alat kesehatan sekaligus memenuhi kebutuhan rumah sakit untuk memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat.

"Dengan mengunjungi pameran ini, kami berharap masyarakat kesehatan yaitu dokter, perawat, serta praktisi kesehatan, dapat mengetahui teknologi dan perkembangan alat kesehatan dalam negeri dan luar negeri. Selain itu, masyarakat umum dapat mengetahui alat kesehatan yang sederhana dan bisa digunakan sehari-hari di rumah seperti termometer, tensimeter, dan nebulizer," tuturnya. 

Dukung Transformasi Kesehatan 
Ketua PERSI Wilayah Sumatra Utara, dr. Syaiful M.Sitompul mengungkapkan, tema yang dipilih dalam Seminar dan Workshop Perumahsakitan ke-12 PERSI Wilayah Sumatera Utara berangkat dari 6 Pilar Transformasi Penopang Kesehatan Indonesia yang ditetapkan Kementerian Kesehatan. Pada pilar keenam berbunyi Transformasi Teknologi Kesehatan. 

"Tantangan kesehatan di masa datang terjadi ketika informasi semakin cepat, tepat dan akurat. Penyelenggaraan expo serta seminar dan workshop ini untuk mendukung kalangan rumah sakit dan anggota PERSI Wilayah Sumatera Utara dalam meningkatkan kualitas pelayanannya, termasuk aspek digitalisasi. Pada acara ini, kami juga juga akan memperkenalkan sistem elektronik rekam medis yaitu Sistem Manajemen Generic Open Source Versi 2 dengan membuka stand khusus agar masyarakat perumahsakitan mendapat informasi secara lengkap," ungkapnya. 

dr. Syaiful juga menekankan pentingnya rumah sakit mengakses informasi tentang alat-alat kesehatan yang sudah mempunyai teknologi digital yang akan memungkinkan tenaga medis bekerja lebih efektif, cepat, tepat dan akurat.

"Saat ini di Sumatera Utara terdapat 208 rumah sakit, sedangkan anggota PERSI Wilayah Sumatra Utara adalah 179 rumah sakit. Kami berharap bisa mendapat informasi tentang alat-alat kesehatan canggih di Medan Hospital Expo yang sudah memakai teknologi digital," tutup dr Syaiful. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya