Jangan Konsumsi Mie Instan Saat Sahur, Kenapa? Simak Ini penjelasannya

Ilustrasi mie instan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA LIfestyle – Dalam menjalankan ibadah puasa, tak jarang umat Muslim memilih makanan cepat saji ataupun yang mudah diolah untuk dijadikan menu berbuka puasa maupun sahur. Khususnya untuk sahur, kebanyakan orang lebih memilih makanan yang praktis dan mudah diolah. Dan mie instan kerap kali menjadi salah satu solusi seseorang yang ingin santap sahur dengan proses pembuatan dalam waktu singkat.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Salah satu makanan yang simpel dan sering dikonsumsi masyarakat, yaitu mie instan. Tahukah kamu jika mie instan ini tidak cocok dikonsumsi saat sahur karena memicu rasa lapar. Benarkah? Scroll untuk baca artikel selengkapnya berikut ini.

Alasan Jangan Sahur Pakai Mie Instan

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Dikutip VIVA.co.id dari Healthline, ternyata mie instan terbuat dari tepung terigu yang telah diperkaya dengan bentuk sintetis nutrisi tertentu seperti zat besi dan vitamin B untuk membuat mie lebih bernutrisi.

Mie instan mengandung karbohidrat yang mudah dicerna dan tinggi gula sederhana. Hal ini tentu bisa membuat tubuh lebih cepat menyerap gula dan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Nah berikut ini kami sudah sajikan sederet alasan agar Anda tidak konsumsi mie instan saat sahur, dikutip dari berbagai sumber;

Bacok Penjual Nasgor di Cilincing hingga Tewas, Bucing Terancam Hukuman 15 Tahun Bui

Mie instan

Photo :
  • Pixabay

1. Ada Kandungan MSG Tinggi

Alasan mengapa mie instan begitu lezat adalah karena mengandung MSG tinggi. Jadi kandungan MSG inilah yang mampu menimbulkan sensasi terbakar pada tenggorokan, sakit kepala, atau nyeri dada setelah dikonsumsi berlebihan. Sehingga, tubuh merasa tidak fit saat siang hari di bulan Ramadhan.

2. Rendah Gizi

Saat sahur dengan mie instan nutrisi tubuh tidak bisa tercukupi dengan baik. Ada baiknya ketika ingin sahur dengan mie instan, kalian menambahkan bahan lain seperti sayur, telur, daging, sosis dan sejenisnya. Pasalnya setelah sahur kita harus membiarkan perut kosong dalam waktu lama hingga berbuka.

3. Menghambat Proses Pencernaan

Mi instan memberi dampak buruk ketika dimakan saat sahur. Salah satunya yaitu efek negatif dalam proses pencernaan. Hal ini bisa membuat tubuh tidak mampu menyerap nutrisi makanan sehat lain. Selain itu, Anda juga bisa tak bertenaga dalam beraktivitas sehingga mudah lemas.

4. Cepat Lapar

Kalori tinggi pada mi instan tidak memiliki cukup gizi yang dapat membantu Anda menjalani hari saat berpuasa. Selain itu, tingginya kalori pada mi instan justru dapat membuat kalian merasa lebih cepat lapar saat puasa.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya