Tips Menjaga Kondisi Tubuh Agar Sehat Selama Bulan Ramadhan

Ilustrasi holistik kesehatan.
Sumber :
  • Advancing Your Health

VIVA – Selama bulan Ramadhan, semua orang muslim diharuskan untuk menahan lapar dan dahaga selama lebih dari dua belas jam. Akibatnya, mereka tidak akan mendapatkan cukup air dan vitamin. Selain itu, kewajiban untuk bangun di pertengahan malam untuk sahur dan meningkatkan jumlah ibadah menyebabkan ketidakteraturan dalam pola tidur.

Zaidul Akbar Sebut Ada Bahaya Tersembunyi di Balik Kebiasaan Minum Saat Makan

Sangat penting untuk memahami dan menerapkan panduan untuk menjaga kesehatan tubuh selama bulan Ramadhan karena hal ini dapat mengganggu kesehatan seseorang.

Ilustrasi anak muda yang sehat raga dan sehat finansial

Photo :
  • Sequis
Coros Rilis Vertix 2S, Ini Spesifikasi dan Harganya

Dilansir dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada Sabtu, 30 Maret 2024, beberapa saran untuk menjaga kesehatan selama bulan Ramadhan adalah sebagai berikut:

1. Pola makan sehat untuk sahur

Arab Saudi Gandeng Bill Gates Berikan Vaksin Polio pada Jemaah Haji

Untuk menjaga stamina tubuh selama puasa dan aktivitas di siang hari, sahur memiliki peran yang sangat penting. Untuk melakukannya, perbanyak konsumsi makanan yang kaya serat seperti buah dan sayur, tetapi hindari makanan berminyak karena dapat menyebabkan kantuk dan haus pada siang hari.

2. Makanan untuk berbuka puasa

Langsung mengkonsumsi makanan yang banyak ketika berbuka puasa, akan menyebabkan perut menjadi sesak, sehingga makan makanan secukupnya secara bertahap, dimulai dengan mengkonsumsi air putih dan sedikit makanan manis.

3. Menjaga kebiasaan makan malam

Hindari makan malam yang berlebihan pada malam hari karena dapat menyebabkan obesitas. Hindari juga mengkonsumsi kopi dan soda karena akan mengganggu tidur dan menimbun lemak.

4. Aktivitas fisik, minimal 30 menit.

Meskipun sedang berpuasa, aktivitas fisik masih sangatlah penting untuk menjaga kebugaran tubuh.

5. Menjaga pola tidur

Jika harus melakukan persiapan untuk sahur dan bangun di pagi hari, maka hindari tidur terlalu malam untuk keperluan yang tidak terlalu penting.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya