Terungkap, Proses Persalinan Ekstrem Masa Lampau

Ilustrasi Ibu Hamil
Ilustrasi Ibu Hamil
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Dewasa ini, wanita tak perlu bingung soal proses persalinan. Ada begitu banyak pilihan yang tersedia. Mulai dari normal, operasi caesar, hypno birth, sampai water birth. Namun pernahkah terbayang, bagaimana proses persalinan di masa lampau?

Bukan hanya tak didukung teknologi modern, persalinan kala itu juga masih sangat dipengaruhi budaya masing-masing daerah. Tak jarang ada proses yang ekstrem. Mengutip laman Huffington Post, berikut beberapa proses persalinan di masa lampau.

Di depan publik

Kalau sekarang hanya keluarga dekat yang boleh masuk ke ruang bersalin, budaya di kerajaan Eropa zaman kolonial tidak begitu. Seorang Ratu harus melahirkan di hadapan seluruh parlemennya. Sekitar 70 orang hadir. Itu dilakukan sebagai kontrol agar tak ada yang menukar bayi calon raja. Di Amerika, budaya itu juga berlaku.

Melahirkan di kursi

Soranus, seorang dokter Yunani menjelaskan proses persalinan di abad ke-dua Masehi. Kala itu, wanita harus melahirkan di atas kursi. Dengan pengawasan suster, mereka mendorong bayi keluar sambil duduk tegak di kursi berlengan. Valerian French, seorang ahli sejarah menambahkan, kursi itu memiliki lubang berbentuk bulan sabit sebagai tempat ditangkapnya bayi setelah keluar.

Menggunakan daun