Minuman Panas dengan Kemasan Plastik, Sehatkah?

Botol plastik
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Anda yang gemar minum kopi atau teh hangat di pagi hari, pasti akan menyempatkan waktu untuk sekadar menyeruput dan menikmati minuman hangat, yang bermanfaat bagi produktivitas hari Anda. Namun bila waktu tidak banyak, apa yang dapat Anda lakukan untuk tetap bisa menikmati ritual minum di pagi hari?

Solusinya, beberapa dari Anda, ada yang memutuskan untuk membeli kopi atau teh kemasan yang dijual di pinggir jalan, atau di minimarket terdekat. Selain menghemat waktu, kemasannya yang praktis juga bisa memudahkan dalam menikmati minuman kesukaan.

Namun, masih ada beberapa orang yang lebih memilih membawa teh atau kopi panas dari rumah, dengan menggunakan kemasan botol plastik. Tujuannya agar lebih praktis dan tidak mengeluarkan biaya. Lantas, mana yang lebih aman dari sisi medis?

Manjawab pertanyaan di atas, dokter Rahajeng AP dari laman Meetdoctor.com, menjelaskan penggunaan plastik untuk dijadikan kemasan minuman dan makanan panas, adalah hal yang sangat tidak disarankan.

Hasil Liga 1: Tampil Ngotot dari Awal, PSIS Semarang Gilas Persikabo 1973

Pasalnya, kemasan plastik yang kualitasnya buruk, akan terkelupas karena suhu air, dan akan bercampur dengan minuman yang kita minum. "Sangat berbahaya jika tertelan," ujarnya.

Selain itu, Rahajeng menambahkan, kemasan plastik yang terkena panas akan melepas zat-zat berbahaya, salah satunya karsinogen, zat yang menyebabkan kanker.

Jika dilakukan dalam jangka panjang, maka risiko kanker akan semakin dekat dengan hidup Anda, dan membahayakan keselamatan jiwa. "Jadi, sebaiknya jangan menggunakan kemasan plastik," sarannya.

Lebih baik, jika memang ingin membawa minuman dan makanan dengan temperatur tinggi, gunakan food container berkualitas, serta gunakan termos minuman, yang kini sudah banyak diproduksi dengan kemasan lebih kecil dan mudah dibawa-bawa.

"Lapisan pada termos, selain dapat melindungi suhu minuman, juga memiliki lapisan kuat, yang tidak akan terkelupas serta membahayakan keselamatan," katanya.

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Baca juga:

Yang Bikin Shin Tae-yong Terusik saat Indonesia Kalahkan Korea Selatan



Fitri Carlina dan Rafael Struick

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

Saking bahagianya, Fitri Carlina sampai terlihat menundukan kepala dan menangis bahagia atas kemenangan Timnas Indonesia saat melawan Korea Selatan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024