Wanita, Ketahui Bahaya Eyeliner dan Bulu Mata Palsu

Eyeliner
Sumber :
  • istockphoto.com

VIVA.co.id - Sebagai salah satu panca indra yang memiliki peran penting bagi manusia, kesehatan mata adalah hal yang sangat penting untuk dijaga. Selain dapat memengaruhi penampilan, gangguan pada mata tentunya dapat menyebabkan terganggunya kesehatan, yang berimbas pada aktivitas keseharian.
 
Kerusakan pada mata, dapat disebabkan berbagai faktor seperti keturunan, usia, dan berbagai faktor eksternal lain, salah satunya penggunaan kosmetik.

Kosmetik yang dibicarakan dalam hal ini, adalah kosmetik yang diaplikasikan pada mata, seperti eyeliner, maskara, hingga bulu mata palsu.

Hal ini dibenarkan dr. Yulia Aziza Sp.M, Humas Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI), yang menyatakan, kosmetik bisa memberikan bahaya pada mata, apalagi bila kosmetik yang digunakan berkualitas buruk.

"Alat make-up seperti eyeliner dan maskara, ketika mengering serpihannya bisa masuk ke dalam mata, dan menyebabkan iritasi," ujar Aziza.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Selain itu, penggunaan kosmetik lain seperti bulu mata palsu juga berbahaya. "Pengaplikasian bulu maya palsu, membutuhkan bantuan lem yang ditempelkan langsung ke (kelopak-red) mata. Hal ini berbahaya," tambahnya.

Aziza menjelaskan, dampak negatif bisa saja terjadi, apabila seseorang menggunakan lensa kontak. Kotoran bisa menempel dan mengendap di lapisan lensa, yang akan membahayakan kesehatan mata. Kualitas lensa kontak yang baik, mampu mengurangi gejala iritasinya, tapi kalau kualitasnya buruk, dampaknya justru akan bertambah parah.

Ketika menggunakan kosmetik, selalu bersihkan dengan teliti, terutama pada bagian mata, yang sangat sensitif. Jangan tidur dengan menggunakan kosmetik, dan pilihlah kosmetik yang berkualitas, agar kesehatan mata bisa optimal.

![vivamore="Baca Juga :"]

Wakil Ketua KPK Dilaporkan ke Dewas Terkait Pelanggaran Etik



Video Toyota Calya Terjebak di Lumpur, Ada Cara Aman untuk Lolos
[/vivamore]
Bulu Mata

Menilik Bahaya Bulu Mata Palsu

Dianjurkan agar tidak terlalu sering menggunakan bulu mata palsu .

img_title
VIVA.co.id
13 Maret 2015