Rekomendasi Jumlah Jam Tidur Berdasarkan Usia Anak

Ilustrasi anak
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Saat buah hati tidur di malam hari, sebaiknya pastikan ia mendapatkan jam tidur yang cukup untuknya. Nah, agar Anda tidak kebingungan memastikan si kecil memiliki tidur yang cukup, berikut panduan untuk lamanya waktu tidur si kecil.

Tak Boleh Kurang atau Lebih, Waktu Tidur Ternyata Berpengaruh pada Kondisi Mental

Panduan yang baru dirilis oleh The American Academy of Sleep Medicine ini, membeberkan penjelasan untuk waktu tidur yang dibutuhkan oleh anak-anak dengan rentang usia yang berbeda. Waktu tidur anak ini dihitung mulai dari anak memejamkan mata hingga terlelap dan terbangun di pagi harinya.

Para peneliti merekomendasikan panduan ini karena seringkali melihat hubungan yang terkait antara tidur yang cukup dengan sikap dan perilaku anak yaitu meningkatnya risiko celaka, cedera, hipertensi, obesitas, diabetes, dan depresi. Untuk anak remaja, risiko yang meningkat akibat kurang tidur yaitu menyakiti diri sendiri bahkan bunuh diri.

Chelsea Olivia dan Sandra Dewi Bagikan Rahasia Tidur Anak yang Berkualitas

Berikut rekomendasi yang bisa menjadi panduan Anda untuk si kecil, seperti dilansir laman Todaysparent.

Usia empat hingga 12 bulan

Lucu dan Aesthetic, Lampu Tidur Aonez Paling Laris di TikTok

Si kecil yang masih berusia di bawah atau pas satu tahun, dianjurkan untuk memiliki waktu tidur selama 12 hingga 16 jam. Waktu tidur tersebut juga mencakup jam untuk tidur siangnya. Rentang yang cukup lama sangat normal dijalani untuk si kecil saat masih diusia bayi muda ini

Usia satu hingga dua tahun

Diusia tiga tahun kebawah  (batita), disarankan untuk memiliki waktu tidur yang tidak jauh berbeda dengan rentang tidur bayi muda yaitu 11 hingga 14 jam. Rentang tersebut juga sudah mencakup untuk jam tidur siang si kecil.

Usia tiga hingga lima tahun

Si kecil yang sudah memasuki usia bawah lima tahun (balita), sudah mulai disarankan memiliki rentang waktu tidur yang tidak terlalu lama yakni 10 hingga 13 jam. Balita memiliki rentang jam tidur yang hanya diperuntukkan untuk tidur di malam harinya.

Usia enam hingga 12 tahun

Mulai tumbuh dan berkembang pada seluruh bagian organnya, membuat si kecil di usia ini tidak membutuhkan waktu yang lama lagi untuk tidur. Cukup menyediakan waktu 9 hingga 12 jam untuk rentang waktu tidurnya di malam hari.

Usia 13 hingga 18 tahun

Beranjak remaja, di usia ini, anak sudah mulai bisa memiliki rentang waktu tidur yang mirip dengan orang dewasa. Pastikan anak remaja Anda tidur dalam rentang waktu delapan hingga 10 jam untuk mengimbangi dengan aktivitasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya