WHO: Kopi Bisa Kurangi Risiko Kanker

Ilustrasi kopi
Sumber :
  • REUTERS/Phil Noble/Files

VIVA.co.id – Sebuah fakta terbaru tentang khasiat kopi bagi kesehatan baru-baru ini ditemukan. Belum lama, sebuah penelitian yang dilakukan oleh World Health Organisation (WHO) mengungkapkan, bahwa meminum kopi secara rutin bisa mengurangi risiko terkena liver dan kanker rahim.

Ramai Peminat, Orang Jualan Mie dengan Campuran Kopi Bubuk

Dilansir dari The Independent, Badan Internasional WHO untuk Penelitian Kanker (IARC) juga telah menjungkirbalikan fakta yang ditemukan tahun 1991 bahwa minum kopi berhubungan dengan kanker kandung kemih. 

Perubahan keputusan ini mengukuti perkembangan terbaru yang telah lebih dari 500 penelitian tentang hubungan kanker dan meminum berbagai jenih minuman seperti teh, kopi, dan minuman herbal dari Amerika Selatan yang terkenal, mate.

10 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula, Bisa Turunkan Berat Badan

Tim peneliti dari IARC menemukan bahwa meminum kopi tidak menimbulkan efek karsiogenik bagi kanker pankreas dan kanker payudara pada perempuan serta prostat. Sebanyak lebih dari 20 kanker, membuktikan itu tidak cukup memadai untuk ditarik sebagai kesimpulan.

Bill Murray Presiden National Coffee Association (NCA) juga mengatakan penemuan berita baik ini sangat berpengaruh signifikan bagi para peminum kopi. Ini juga menegaskan penelitian yang telah dilakukan oleh para ilmuwan yang dihormati dan independen.

Jangan Sembarangan, Ternyata Ini Waktu Terbaik untuk Minum Kopi

Dalam laporan itu juga menemukan hubungan antara kanker esophagus dengan kebiasaan minum minuman panas.

“Hasil penelitian ini mengatakan, meminum minuman yang sangat panas bisa saja menyebabkan kanker esophagus. Tapi hal ini disebabkan karena suhu dari minuman itu, bukan dari jenis minumannya yang sepertinya bertanggung jawab,“ ungkap Dr Christopher Wild, director of IARC

Ilmuwan yang menulis laporan ini menyarankan peminum teh dan kopi untuk membiarkan minuman mereka sedikit lebih dingin, terutama jika mereka tidak menambahkan susu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya