Hindari Kerusakan Mata, Kenali Gejala Mata Kering

Obat Tetes Mata
Sumber :
  • Pixabay/Esudroff

VIVA.co.id – Mata yang gatal, kelopak mata lelah, atau merasa ada sesuatu menyangkut di mata merupakan beberapa gejala dari mata kering.

Terungkap! Rahasia di Balik Air Mata Stevie Agnecya Sebelum Meninggal Dunia

Menurut dokter mata Lauren Blieden, MD, dari The University of Texas Health Science Center di Houston, Amerika Serikat, banyak orang yang tidak menyadari kalau mereka sebenarnya mereka menderita mata kering.

Bahkan, banyak pasien dari Blieden tidak mengeluhkan tentang 'kekeringan' atau semacamnya.

Momen Haru Nikita Mirzani Nangis Sesenggukan di Atas Sajadah saat Ultah, Warganet Ikut Mewek

"Mereka biasanya mengatakan mata mereka berat. Banyak yang menganggap hal itu dikarenakan kelelahan, tapi sekali Anda memeriksanya, Anda akan menyadari apa penyebabnya," kata Blieden seperti dikutip Health.com.

Dikenal juga sebagai keratoconjunctivitis sicca (KCS), mata kering terjadi ketika mata Anda tidak memproduksi airmata secara benar. Airmata mengandung elektrolit, nutrisi, dan antibodi yang dapat melindungi mata Anda dari infeksi dan cidera.

Pilih Diam, Tangis Ria Ricis Pecah Usai Proses Mediasi dengan Teuku Ryan

Tanpa penanganan yang tepat, orang dengan mata kering pada akhirnya bisa mengalami luka, rasa sakit, dan kehilangan penglihatan atau buta.

Beberapa orang mengalami jenis mata kering yang disebut dengan mata kering karena kekurangan airmata encer, sebuah kondisi yang timbul ketika kelenjar seseorang tidak memproduksi bagian berair yang cukup dari airmata.

Jenis mata kering lainnya adalah mata kering yang menguap. Kondisi ini muncul ketika orang mengalami masalah bagian berminyak dari airmata. Tanpa jumlah minyak yang tepat, airmata akan menguap dengan sangat cepat.

Gejala mata kering bisa beragam. Beberapa orang bisa merasa tersengat atau terbakar. Sementara beberapa orang lain merasa ada sesuatu di mata mereka. Keluhan umum lainnya adalah kelopak mata yang lelah dengan pandangan yang kabur.

Bahkan, beberapa orang juga mengalami mata berair atau airmata mengalir deras karena akar masalahnya adalah produksi airmata yang tidak normal atau tidak cukup. Karenanya, mata akan merespon dengan mengeluarkan airmata namun tidak mampu mengatasi masalah lubrikasi yang sebenarnya.

Dr Blieden menganjurkan, jika Anda mengalami mata kering ringa, misalnya Anda menyadarinya setelah menatap layar komputer selama delapan jam, Anda bisa menggunakan tetes mata yang dapat menambah kelembapan pada mata dan meredakan iritasi.

Ilustrasi anak mata kering

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya