Alasan Ikan Sumber Makanan Paling Baik untuk Anak

Ilustrasi daging ikan salmon
Sumber :
  • Pixabay/cattalin

VIVA.co.id – Gizi yang baik untuk anak, sangat diperlukan untuk menunjang pertumbuhannya. Oleh karena itu, pemilihan sumber makanan yang tepat untuk proses tumbuh kembangnya, harus mulai dipikirkan oleh orangtua.

Ini Hal Terpenting untuk Menunjang Keberhasilan Terapi Kanker

Salah satu sumber makanan terbaik untuk dikonsumsi anak yaitu ikan. Terlebih, ragam jenis ikan, memang memiliki kandungan lemak baik untuk pertumbuhan buah hati.

“Resep makanan sehat itu dimulai dari pemilihan bahan utamanya. Pilih ikan untuk diolah menjadi makanan sehat karena ikan sangat bergizi, mudah didapat dan murah," ujar Chef Muto saat ditemui di acara Gerakan Pangan Aman bersama Danone, di SDN 01 Karet Kuningan, Rabu 9 November 2016.

Bahan Ini yang Bisa Buat Kulit Wajah Lebih Terawat

Menurutnya, pilihan jenis ikan paling baik yaitu ikan salmon, sebab memiliki kandungan omega tiga yang bagus. Namun, orangtua juga bisa memilihkan jenis ikan teri basah yang harganya tidak semahal harga ikan salmon.

"Ikan salmon kandungan omega tiganya bagus. Tapi kalau mau cari lebih murah, pilih ikan teri basah yang kandungannya hampir sama dengan salmon," tambahnya.

8 Manfaat Konsumsi Ikan Air Tawar Bagi Kesehatan Tubuh

Ditambahkannya, cara memasak yang lebih baik yaitu diolah dengan di-grill bersama minyak kanola. Tapi, jika potongan ikannya dirasa terlalu tebal, sebaiknya diolah dengan cara digoreng.

"Kalau yang daging ikannya tebal seperti ikan dori, sebaiknya digoreng. Tapi tetap pilih minyak kanola untuk mengolahnya karena itu mengandung omega sembilan yang baik untuk dikonsumsi," kata dia.

Ilustrasi ikan salmon

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya