Empat Pose Yoga untuk Tingkatkan Kerja Jantung

Ilustrasi yoga bagian dari meditasi untuk detoks
Sumber :
  • pixabay

VIVA.co.id – Membakar kalori sama dengan meningkatkan kerja jantung, yang baik untuk tubuh. Ternyata, beberapa pose yoga ini diyakini mampu meningkatkan kerja jantung yang berarti banyak kalori yang terbakar.

7 Hal Sederhana Namun Sering Diabaikan untuk Menjaga Jantung Tetap Sehat

Meski banyak pose yoga terlihat tidak begitu ekspresif, nyatanya beberapa gerakan yoga mampu membakar banyak lemak di tubuh. Berikut beberapa pose yang mampu meningkatkan kerja jantung, dilansir dari laman Prevention.

1. Sun salutation A

3 Gerakan Yoga dan Latihan Pernapasan untuk Bersihkan Diri dari Polusi

Menurut studi terbaru, pose ini dimulai dari yang ringan hingga berat, sehingga perlahan mampu meningkatkan daya kerja jantung. Berawal dari pose berdiri tegap, lalu membungkuk, kemudian seolah seperti sedang push-up, dan menekuk tubuh hingga berbentuk huruf A, lalu beranjak seperti semula. Ulangi pose ini sekitar 3-5 kali, di pagi hari, untuk mendapatkan tubuh yang fit dan bugar.

2. Warrior series

Menjaga Kesehatan Jantung: Kunci untuk Hidup yang Lebih Panjang dan Lebih Sehat

Pose seperti seorang kesatria ini, sama seperti Sun Salution A, memiliki banyak tahapan yang puncaknya yaitu gerakan seperti seorang kesatria. Pose yang bertahap ini diyakini mampu membuat jantung bergerak secara bertahap sehingga bekerja dengan baik untuk tubuh.

3. Pose kursi

Seolah seperti duduk di kursi, pose ini mampu meningkatkan kerja otot. Jadi, jangan kaget saat otot mulai terasa sedikit goyah dengan pose seakan sedang duduk ini. Selain meningkatkan kerja otot dan jantung, pose ini mampu mengembalikan fungsi nyata dari tubuh.

4. Crow pose

Pose ini menuntut tiap individu untuk melakukan keseimbangan dengan lengannya. Tidak hanya itu, pose ini juga memungkinkan tubuh memiliki posisi terbalik, sehingga meningkatkan daya kerja tubuh dan otot.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya