Bahan Makanan Ini Picu Tekanan Darah Naik hingga Masalah Jantung

Ilustrasi hipertensi.
Sumber :
  • Pixabay/rawpixel

VIVA – Makanan memiliki peran penting dalam kesehatan tubuh, termasuk organ vital jantung agar peredaran darah selalu lancar. Untuk itu, masyarakat perlu mengenali makanan yang memicu dampak berbahaya bagi kesehatan jantung yang bisa berakibat fatal.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Dokter spesialis gizi klinik, dr. Putri Sakti SpGK, menjelaskan bahwa menjaga kesehatan jantung diperlukan melalui berbagai hal, termasuk asupan nutrisi. Sebab, jantung yang sudah mengalami gangguan fungsi bisa bermasalah pada seluruh organ di tubuh sehingga hambat aktivitas.

"Kalau sakit jantung maka hidup tidak akan sehat dan bugar, juga mudah sesak. Ubah pola hidup dapat bantu dari penyakit jantung," ujarnya dalam acara Hidup Sehat tvOne, Senin 9 Mei 2022.

Terpopuler: Ciri Malam Lailatul Qadar, Konsumsi Garam Berlebih Sebabkan Masalah Seksual

Nah, dokter Putri menyarankan agar memberi nutrisi sehat bagi jantung seperti karbohidrat kompleks. Mengapa harus yang kompleks? Karena jenis ini tinggi serat, vitamin, dan mineral.

Selain itu, dianjurkan jenis protein rendah lemak seperti daging putih. Bisa memilih ikan-ikanan atau ayam namun tanpa kulit. Daging merah memang berkhasiat namun cenderung tinggi lemak, termasuk juga jeroan.

Konsumsi Garam Berlebih Sebabkan 3 Penyakit Ini, Berujung pada Masalah Seksual

"Protein nabati seperti tahu, tempe, kacang-kacangan. Selain tinggi mineral, tapi juga untuk bantu turunkan kadar lemak," imbuhnya.

Tempe.

Photo :
  • Pixabay/ Bintang_Galaxy

Variasikan sayur minimal dua warna atau lebih baik dengan warna menarik lainnya. Karena dari warna itu, artinya akan menambah beragam vitamin dan sumber antioksidan. Juga, konsumsi cairan yang cukup.

Untuk makanan yang bisa membahayakan jantung, dokter Putri sepakat bahwa jenis yang mengandung tinggi garam bisa menganggu fungsi organ ini. Bukan hanya garam dapur, jenis garam bisa beragam mulai dari sodium yang ada di makanan cepat saji, serta natrium di makanan ringan.

"Makanan kaya garam karena bisa tingkatkan tensi, maka kesehatan jantung juga akan terganggu. Tinggi lemak seperti gorengan, santan, karena lemak tinggi akan sumbat pembuluh darah di jantung," jelasnya.

Makanan lain yang juga dihindari adalah jenis karbohidrat sederhana. Kebalikan dari karbohidrat kompleks, jenis ini mengandung indeks glikemik tinggi yang berarti kadar gula tinggi. Biasanya terdapat di tepung dan nasi putih yang membuat cepat kenyang namun mudah lapar.

"Karena manis sekali akan buat penumpukan lemak. Lemak tinggi akan ganggu aliran darah sehingga bisa picu pembengkakan jantung. Lalu Minuman kafein seperti teh, kopi, coklat, atau soda karena bisa tingkatkan tensi sehingga ganggu fungsi kerja jantung," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya