Yang Perlu Diperhatikan Penderita Depresi saat Cari Jodoh

Ilustrasi pasangan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Sebanyak 18 juta orang dari kelompok depresi dan 20 juta kelompok lain yang tergabung di situs kencan online. Kesempatan menemukan jodoh saat keadaan depresi, menjadi sangat mungkin terjadi.

Depresi, Pria Muda Bunuh Diri Loncat dari Lantai 8 Apartemen

Tidak perlu khawatir, sebab depresi dapat dihilangkan secara perlahan. Berikut tips untuk menemukan belahan jiwa di saat keadaan masih depresi, dikutip dari laman Health.

1. Cari pertolongan profesional

Supaya Lebih Gembira, Ibu di Inggris Ubah Nama dan Gaya Jadi Unicorn

Jika Anda depresi, menemukan pasangan bisa menjadi sangat sulit karena adanya rasa lelah, mudah tersinggung, tidak percaya diri. Agar tetap fit saat berkencan, sebaiknya melakukan terapi dan minta obat medis untuk mengurangi gejalanya pada para ahli.

2. Prioritas diri sendiri

Depresi, Anggota Kostrad Diduga Tusuk Diri Sendiri di Kemayoran

Sebelum memulai kencan dengan pasangan, prioritaskan kesehatan Anda dahulu. Pastikan Anda telah memiliki pemikiran positif, konsumsi obat medis dari dokter dan terapi yang konsisten dan kelilingi diri dengan lingkungan positif.

3. Jangan beberkan pada kencan pertama

Sebaiknya jangan menceritakan mengenai depresi di diri Anda saat kencan pertama. Namun jika hubungan Anda sudah semakin serius, maka sebaiknya segera beritahukan pasangan akan depresi yang Anda derita

4. Cara berbicara yang tepat

Pertama, beritahu bahwa dia merupakan orang penting untuk mengetahui hal ini. Kedua, langsung utarakan bahwa Anda mengidap depresi dan sedang dalam masa perawatan. Terakhir, ucapkan bahwa dia dan hubungan kalian penting sehingga hal ini perlu diketahui oleh dirinya.

5. Terima segala bentuk dukungan

Penting untuk membiarkan pasangan Anda mengetahui bagaimana cara ia membantu Anda. Beritahukan apa saja kesulitan Anda agar ia mampu meringankan beban.

6. Ekstra sabar

Jika pasangan Anda bertanya atau menawarkan banyak bantuan, segera jadikan hal itu positif, meski hal itu tidak begitu membantu Anda. Pahami keinginannya untuk membantu, meski Anda tidak bisa terus menerus membiarkan perasaan bahagia memulas wajah Anda.

7. Jangan ulangi kesalahan masa lalu

Sangat penting mengetahui kelemahan dan kekuatan diri serta kesalahan saat bersama pasangan terdahulu. Jika perlu, lakukan terapi agar kesalahan yang sama tidak terulangi.

8. Kencan online

Tidak ada salahnya mencoba ikut bergabung berkencan secara online. Meski pernah kecewa dengan kencan online, tak ada salahnya Anda terus mencoba agar menemukan pasangan yang tepat.

9. Menerimanya

Satu hal mengenai sebuah hubungan, bahwa setiap orang akan membawa apapun yang ia miliki dalam tubuh ya. Jadi, jangan jadikan depresi sebagai alasan Anda untuk merasa tidak percaya diri. Jika pasangan Anda adalah jodoh Anda, maka depresi tidak akan menghalangi hubungan kalian berdua

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya