10 Makanan Ini Berbahaya Jika Dipanaskan Berulang Kali

Telur rebus.
Sumber :
  • Pixabay/Condesign

VIVA.co.id – Banyak di antara kita yang punya kebiasaan menyimpan sisa makanan dan menghangatkannya kembali. Tapi, tahukah Anda jika beberapa jenis makanan akan berubah menjadi racun jika dipanaskan lagi.

Aturan Memanaskan Makanan Sisa yang Aman Perlu Anda Tahu

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang tidak boleh Anda panaskan lagi seperti dilansir laman Times of India.

1. Kentang
Kentang akan kehilangan kandungan nutrisi berharganya jika dipanaskan lagi. Meskipun Anda mendiamkannya saja di dalam suhu ruangan dalam waktu yang lama, kentang bisa menjadi beracun dan menyebabkan mual atau sakit, bahkan keracunan makanan.

Rahasia Kentang Goreng Tetap Renyah Saat Dipanaskan Kembali

2. Nasi
Bagaimana Anda menyimpan nasi dapat memunculkan berbagai masalah. Beras yang mengandung spora yang nantinya berubah menjadi bakteri tetap akan hidup meskipun sudah dimasak menjadi nasi. Ketika nasi disimpan di dalam suhu ruangan, bakteri ini bisa berkembang biak dan memproduksi racun yang menyebabkan diare hingga muntah-muntah.

3. Telur
Cocok untuk sarapan dan sebagai sumber protein yang tinggi, namun menghangatkan telur dalam suhu tinggi hanya akan membuatnya beracun dan mempengaruhi saluran pencernaan Anda.

Catat! Daftar Makanan yang Sebaiknya Tidak Dipanaskan Lagi

4. Ayam
Seperti jamur, ayam kaya akan protein yang dapat menjadi buruk jika dihangatkan. Hal ini bisa menyebabkan masalah pencernaan. Jika Anda benar-benar ingin menghangatkan ayam yang sudah dimasak, Anda bisa melakukannya dengan suhu yang rendah dengan durasi yang lebih lama. Cara terbaik lain untk mengkonsumsi ayam yang sudah tersimpan adalah mencampurnya dalam salad atau roti lapis.

5. Bayam
Seperti sayuran berdaun hijau lainnya, bayam kaya akan nitrat dan zat besi. Saat dipanaskan lagi, kandungan nitrat ini bisa berubah menjadi nitrit atau juga dikenal sebagai karsinogen, kandungan yang dapat memicu kanker.

6. Minyak
Mulai dari minyak biji anggur, minyak kenari, minyak alpukat, dan minyak rami semua memiliki poin asap yang sangat rendah. Itulah kenapa, saat Anda memanaskannya, minyak ini menjadi tengik. Jadi, hindari menggunakan minyak ini untuk memasak, memanggang atau menumis. Sebaiknya gunakan sebagai taburan di atas makanan Anda untuk menambah rasa.

7. Lobak
Lobak biasanya digunakan untuk membuat sup. Lobak juga mengandung nitrat, jadi jika dipanaskan lagi bisa berefek buruk bagi kesehatan.

8. Jamur
Jamur kaya akan protein sehingga harus dimakan di saat sama dengan waktu masaknya. Karena jamur kaya akan protein, strukturnya akan berubah ketika dipanaskan kembali yang artinya bisa berbahaya bagi tubuh. Saat Anda mengkonsumsi jamur yang dipanaskan lagi, Anda berisiko mengalami masalah pencernaan dan bahkan masalah penyakit jantung serius.

9. Bit
Bit sama seperti bayam yang kaya akan nitrat yang bisa menyebabkan banyak ketidaknyamanan ketika berubah menjadi nitrit setelah dipanaskan lagi.

10. Seledri
Seledri mengandung nitrat yang tinggi, karenanya bisa menjadi beracun jika dipanaskan lagi. Nitrat berubah menjadi nitrit ketika dipanaskan lagi dan ketika banyak nitrit masuk ke dalam tubuh, risiko terkena methemoglobinemia akan meningkat. Ini adalah kondisi di mana nitrit dalam darah Anda berinteraksi dengan hemoglobin dan zat besi sehingga membuat darah sulit mengantar oksigen ke dalam sel tubuh. Komplikasi bisa meliputi kejang bahkan kematian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya