Ingin Gemuk, Ini Cara Cepat Tingkatkan Nafsu Makan

Ilustrasi makan.
Sumber :
  • Pixabay/bohed

VIVA.co.id – Pernah merasakan mengonsumsi makanan sambil menatap cermin? Ternyata, para peneliti menemukan, cara tersebut ampuh untuk membuat nafsu makan meningkat.

Auto Kurus Kalau Tahu! Hormon Ini Bisa Mengontrol Nafsu Makan dan Berat Badan

Dilansir dari laman Medical Daily, Selasa, 13 Juni 2017, studi sebelumnya menemukan, makan sambil ditemani orang lain, membuat keinginan makan menjadi lebih besar dan makanan terasa lebih lezat. Menurut para peneliti dari Nagoya University, Jepang, fenomena ini dinamakan dengan "fasilitas makan sosialisasi".

Para peneliti juga mengobservasi para orang tua yang makan sambil memandang refleksi dirinya di cermin. Hasilnya, mereka atau pun kelompok yang kesepian, dapat menjaga pola makan secara sehat dengan melakukan hal tersebut.

Bunda, Jangan Panik! Ini Tips Mengatasi Anak Susah Makan

"Kami mencari tahu syarat dasar untuk membentuk fasilitas makan sosialisasi," ujar peneliti Ryuzaburo Nakata.

Pada eksperimen pertama, 16 orang tua dievaluasi melalui ragam rasa dari popcorn. Kelompok tersebut diminta konsumsi popcorn dengan dua cara berbeda yaitu pertama, dengan melihat refleksi tubuh pada cermin dan kedua, dengan melihat refleksi dinding.

10 Cara Jitu agar Anak Nafsu Makan, Coba Hidangkan dengan Lebih Menarik

Setelah 90 detik uji coba, mereka diberikan kuesioner mengenai popcorn yang dikonsumsi. Penemuan ini menganalisis bahwa para partisipan memakan popcorn lebih banyak dan mengaku merasakan rasa yang lebih lezat, saat mengonsumsinya di depan cermin.

"Studi ini menunjukkan bahwa orang dewasa atau orang tua, dapat menikmati makanannya memicu keterkaitan dengan kualitas hidupnya, dan makan sendirian berkaitan dengan rasa depresi dan menurunnya nafsu makan," kata peneliti lain, Nobuyuki Kawai.

Teh hijau

6 Manfaat Mengonsumsi Teh Hijau bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Dimanfaatkan untuk Diet

Teh hijau telah lama dikenal sebagai minuman yang tidak hanya lezat, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat utama teh hijau adalah untuk diet.

img_title
VIVA.co.id
31 Januari 2024