Punya Bisnis Kuliner? Ketahui 5 Strategi Digital Marketing

Instagram.
Sumber :
  • REUTERS/Charles Platiau

VIVA – Di era digital, mayoritas orang memiliki smartphone, dan mereka menggunakannya untuk melakukan banyak hal, mulai dari chatting, browsing hingga melakukan transaksi.

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

Di Indonesia sendiri, pengguna internet tahun 2017 sudah mencapai angka 143,36 juta jiwa, atau 54,68 persen dari total populasi penduduk Indonesia yang berjumlah 262 juta orang. Pengguna internet terbanyak di Indonesia ada di Pulau Jawa, diikuti Pulau Sumatera.

Banyaknya pengguna internet juga memengaruhi cara orang dan perusahaan menjalankan usaha mereka. Tentu, digital marketing adalah hal yang wajib dilakukan di era modern ini.

Video Pengendara Motor Tertabrak Pikap, Terpental hingga Masuk Selokan

Menurut Dian Marsi, Digital Marketing Lead, Unilever Food Solutions, digital marketing sendiri adalah sebuah usaha mempromosikan produk atau merek lewat digital, yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, personal dan relevan. Yang membedakan digital marketing dengan metode pemasaran lain adalah Anda dapat mengetahui performa dari proses yang berjalan dengan waktu yang lebih singkat.

Ilustrasi teknologi digital.

Profil Meli Joker Selebgram yang Tewas Bunuh Diri

Ia lantas menjelaskan mengenai 5 strategi digital marketing yang wajib diketahui oleh mereka yang punya bisnis online atau online shop.

"Yang pertama audience. Siapa yang kita ajak ngobrol? Misal di Instagram, jika Anda punya bisnis oleh-oleh di daerah, berarti audience Anda adalah orang yang suka traveling," ujarnya dalam workshop bertajuk 'Teknik Pemasaran di Era Modern' di kawasan Dharmawangsa, Jakarta, Senin, 9 April 2018.

Kedua adalah soal chanel, yakni media apa yang relevan untuk mempromosikan produk atau usaha Anda. Dian mengatakan, Anda tidak harus menggunakan semua media sosial untuk mempromosikan produk Anda. Cukup pilih media yang berhubungan dengan audience Anda dan mampu menjangkau mereka.

Strategi ketiganya adalah konten. Anda harus tahu apa yang sedang dibicarakan audience Anda agar bisa membuat konten atau unggahan yang berhubungan dengan tren dan hal yang sedang mereka bicarakan.

"Keempat adalah optimisation. Anda juga bisa melakukan tes, misalnya mengunggah foto dan video, lalu melihat mana yang lebih menarik," kata Dian.

Terakhir adalah teruskan apa yang sudah Anda lakukan, karena digital marketing adalah sesuatu yang dilakukan secara berkelanjutan. Anda juga tidak bisa mempromosikan produk dan mengharapkan hasil instan, karena Anda harus me-maintain media sosial sebagai chanel yang akan mempromosikan usaha Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya