5 Rekomendasi Kuliner Terlezat di Hanoi, Vietnam

Bun Rieu Cua.
Sumber :
  • Instagram @stuffbeneats

VIVA – Siapa yang sudah merencanakan liburan ke Vietnam? Jika Anda salah satunya, tentu saja Hanoi sebagai ibu kota Vietnam wajib menjadi destinasi Anda, selain Ho Chi Minh. Nah, di Hanoi ada begitu banyak hidangan lezat yang tak boleh Anda lewatkan.

Polisi Telusuri Viral Dugaan Keracunan Makanan di Restoran Vietnam

Bersiap untuk melakukan perjalanan wisata kuliner di Hanoi, dan cicipi lima hidangan terbaik di Hanoi yang selalu menjadi incaran wisatawan mancanegara. Berikut ini di antaranya, dilansir dari CNN International, Rabu, 27 Februari 2019.

1. Cha Ca (lele goreng berbumbu rempah)

Banyak yang Keracunan, Saigon Delight: Saat Ini Kami Fokus ke Customer

Hidangan ini pada dasarnya merupakan mi yang diberi daging lele goreng renyah yang sebelumnya telah dibumbui dengan rempah seperti kunyit dan dill. Para warga Hanoi begitu gemar menyantap Cha ca, sampai-sampai ada sebuah jalan di kota tersebut yang diberi nama sesuai dengan nama hidangan itu, Cha Ca Street.

Belasan Orang Keracunan usai Makan di Restoran Vietnam di Jakarta

Cha ca paling terkenal dijual oleh sebuah restoran tua di Hanoi bernama Ca La Vong. Pertama kali dibuka lebih dari seabad yang lalu, restoran ini adalah restoran pertama di Cha Ca Street.

Cha ca sendiri sudah ada lebih dari 130 tahun. Pertama kali diciptakan oleh keluarga lokal Hanoi sebagai hidangan spesial untuk disajikan kepada prajurit saat masa pemerintahan kolonial Prancis.

Ca La Viong, 14 Cha Ca Street, Hanoi

2. Banh Tom (bakwan udang)

Untuk membuat bakwan udang versi Vietnam, bahan-bahan yang dibutuhkan adalah udang, tepung terigu dan ubi. Udang yang digunakan juga tidak dipotong-potong, melainkan dibiarkan utuh.

Biasanya disediakan pula daun selada untuk membungkus bakwan udang ini, lengkap dengan saus cocolan yang terdiri dari cabai, air perasan jeruk limau dan kecap ikan.

Banh tom adalah jajanan yang umum ditemukan di tahun 1930-an, ketika para pedagang kaki lima mulai berjualan di Thanh Street, jalanan yang memisahkan West Lake dan Truc Bach Lake.

Saat wisata kuliner di kawasan tersebut menjadi kian populer, pemerintah kemudian menggabungkan banyak pedagang kaki lima dan membuka sebuah restoran besar di pinggir danau.

Penasaran? Anda bisa mengunjungi Banh Tom Ho Tay, restoran di Thanh Nien Street yang tak pernah sepi pengunjung. Anda bisa menikmati banh tom dan bia hoi (bir lokal) dingin di tempat duduk paling depan agar bisa melihat pemandangan danau yang indah.

3. Bun Ca (mi kuah ikan)

Rasa menyegarkan dan ringan membuat bun ca begitu digemar di Vietnam. Hidangan ini terdiri dari bakso ikan goreng, dill, tomat, daun bawang dan daun perilla. Bun ca juga menjadi salah satu menu makan siang yang pouler di Hanoi.

Di antara begitu banyak restoran yang menyajikan bun ca, yang wajib Anda kunjungi adalah yang berada di Old Quarter bernama Van.

"Ini adalah salah satu yang terbaik di Hanoi. Ada dua jenis mi, dan Anda bisa memilih ikan kukus atau goreng," ujar Mark Lowerson, founder Hanoi Street Tours.

Anda juga boleh menambahkan garam, air perasan jeruk limau, cuka, sambal dan rempah sesuai selera.

Bun Ca Van, 105 Quán Thánh, Hanoi, Vietnam; +84 167 937 7964

4. Bun Rieu Cua (mie kuah kepiting)

Bun rieu adalah mi kuah yang bisa disajikan bersama daging atau seafood. Karena dibuat menggunakan tomat dan minyak annatto dari biji achiote, maka kuahnya berwarna merah menyala.

Digunakan pula asam Jawa untuk memberikan cita rasa asam yang menyegarkan. Kemudian ditambahkan tahu goreng untuk variasi tekstur. Terakhir, beri tambahan air perasan jeruk limau, cabai dan sayur-sayuran segar, termasuk daun mint.

Di berbagai daerah di Vietnam, bun rieu disajikan berbeda-beda. Ada yang memakai daging sapi, babi, siput atau ikan.

Untuk menikmati hidangan ini, coba mampir ke sebuah kedai makan milik Nyonya Thu di Tho Xuong Alley, dekat St. Joseph's Cathedral.

5. Ca Phe Trung (kopi telur)

Yang satu ini adalah minuman spesial khas Hanoi yang konsistensinya creamy, lembut, seperti kue meringue, karena bagian atasnya terdapat busa dari putih telur yang dikocok hingga kaku.

Anda bisa singgah ke Cafe Giang untuk menikmati kopi ini. Ada dua pilihan, yakni panas dan dingin. Versi dinginnya harus dinikmati memakai sendok dan rasanya hampir mirip es krim rasa kopi.

Sementara versi panasnya disajikan di cangkir kecil dan rasa kopinya sangat kuat, meski berpadu sempurna dengan gurih dan creamy busa telur di atasnya. (ldp)

Cafe Giang, 39 Nguyen Huu Huan, Hang Bac, Hoan Kiem, Hanoi; +84 98 989 22 98

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya