Tren Sertifikasi Restoran Halal di Indonesia Kian Meningkat

Ilustrasi makanan/kuliner halal.
Sumber :
  • Freepik/rawpixel.com

VIVA – Jumlah restoran asing yang telah memiliki sertifikat halal di Indonesia terus meningkat. Hal ini sejalan dengan akan segera diberlakukannya UU Nomor 33 Tahun 2014 tentang JPH (Jaminan Produk Halal).

Tak Ingin Salah Paham, Jovi Adhiguna Jelaskan Soal Bawa Kerupuk Babi dan Dimakan di Restoran Halal

Direktur Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI), Lukmanul Hakim menjelaskan, sertifikasi halal penting karena memberikan kenyamanan, keamanan, keselamatan dan kepastian ketersediaan produk halal bagi masyarakat dalam mengonsumsi dan menggunakannya.

Selain itu juga untuk meningkatkan nilai tambah bagi pelaku usaha untuk memproduksi dan menjual produk halal.

Kata Jovi Adhiguna, Alasan Campurkan Kerupuk Babi dengan Bakso Bersertifikat Halal

“Jaminan Produk Halal mendesak untuk segera diberlakukan karena semakin banyak gerai makanan dan minuman asing masuk ke Indonesia yang belum jelas kehalalannya," kata Lukman saat ditemui baru-baru ini.

Hal ini, lanjut Lukman,  sangat disayangkan karena pemilik restoran itu adalah orang Indonesia. Ketentuan ini seharusnya diterapkan secara ketat untuk melindungi pelaku usaha nasional dan kepentingan untuk melindungi konsumen.

Detik-detik Jovi Adhiguna Makan Bakso Campur Kerupuk Babi di Restoran Halal

Lebih jauh, kata Lukman, konsep halal yang bersumber dari Islam telah menjadi tren global, bahkan menjadi prioritas kebijakan dalam aktivitas ekonomi di berbagai negara. Era revolusi industri generasi keempat ini ditandai dengan munculnya otomatisasi dan digitalisasi dalam berbagai aktivitas manusia.

"Dalam hal ini, halal juga termasuk ke dalam bagian dari perkembangan global yang sangat penting bagi manusia. Makanya saya mendorong yang lain untuk juga mendapatkan sertifikat halal," kata dia. (adn)

Hawkers Street di Pluit Village.

Hawkers Street, Destinasi Kuliner Baru di Jakarta Utara

Hawkers Street menampilkan desain minimalis dengan ornamen Tionghoa yang didominasi dengan warna kayu dengan aneka ragam potret kota pecinan yang estetik dan kuliner enak

img_title
VIVA.co.id
9 Oktober 2023