Kisah Pemuda Sarjana Hukum Raup Belasan Juta dari Jualan Sambal

Yudha Prananda
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad AR (Bogor)

VIVA – Pemuda lulusan Universitas Bogor, Yudha Prananda, berhasil meraup keuntungan belasan juta dari berjualan cabai jablai atau cabai setan. Begitu lulus dari Fakultas Hukum, bisnis yang dijalankannya kini semakin menjadi salah satu pilihan kuliner di Kota Hujan. 

Buka Puasa dengan Menu ala Timur Tengah Dipadu Aneka Sambal Nusantara, Gimana Sensasinya?

Dinamai Ayam Sambal Bogor Maknyos, disingkat Ayam Bonyos, Yudha membuka kedai sambalnya di sebuah gang sempit tepat di depan gerbang kampusnya di mana ia dulu kuliah. Kini ia memiliki ribuan pelanggan setia dengan ratusan pesanan baik online maupun datang langsung ke kedainya.

Menurut testimoni para pelanggan setianya, pembeda sambal ini dengan sambal biasa yakni memiliki karakter pedas yang khas. Rebusan cabai dengan serai, dan daun jeruk adalah satu satu resep dari jenis sambal yang dibuat dari mulai sambal Bonyos, Mercon, Tomat, hingga sambal terasi. Menurut Yudha, sambalnya tidak akan bikin sakit perut karena tidak dicampur.

Terpopuler: Tempat Misterius di Bumi Disebut dalam Alquran, Idol K-Pop Kepincut Sambal

"Ya, idenya karena saya senang berbisnis dan kuliner, salah satunya bisnis sambal ini saya coba jalani sejak tahun 2017. Saya ingin kuliner khas Bogor dikenal dan saya membuatnya untuk mengenalkan Bogor. Tapi enggak nyangka, sampai sekarang kami kewalahan bila ada pesanan," kata Yudha kepada VIVA. 

Dalam sajian sambal ini, Yudha membuat beberapa lauk seperti ikan, ayam, jamur, dan masih banyak lainnya yang diolah dengan resep rahasia. Bahkan bisa disantap hingga ke tulang. Sajian kuliner Yudha pun kaya kan nutrisi, sambal memiliki kandungan vitamin C, ikan dan ayam mengandung protein, sedangkan nasi dengan karbohidratnya, serta lalapan daun singkong yang kaya akan serat. 

4 Idol K-Pop Kepincut Sambal Indonesia, Ada yang Ketagihan Sampai Nambah

Aneka kudapan pedas ini hanya  dibanderol Rp6-15 ribu. Niat awal hanya memasarkan bagi mahasiswa, namun kini Kedai Ayam Bonyos banyak diburu oleh backpacker, selebgram, hingga wisatawan luar kota. Ke depannya Sambal Bonyos ini akan membuka beberapa cabang mengingat permintaan yang terus bertambah. 

Dalam sepekan Yudha memiliki omset bersih belasan juta rupiah. 

"Ke depan rencananya saya ingin membuka ditempat yang luas, tetapi yang ini tetap dipertahankan karena sudah banyak yang mengenal terutama harga yang murah untuk mahasiswa," kata Yudha. 

Penasaran mau cicip? Langsung saja datang ke Jalan Ciheuleut, Kelurahan Tegallega, Kota Bogor dari pukul 10.00-22.00, atau memesan lewat aplikasi ojek online. Bisa juga mengintip beberapa menunya di Instagram @ayamsambal_bonyos.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya