Bagaimana Awal Mula Lontong Cap Gomeh?

Lontong Cap Gomeh
Lontong Cap Gomeh
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diza Liane

VIVA – Indonesia punya berbagai macam makanan khas. Ada yang berasal dari daerah, namun tak sedikit pula yang dihidangkan dalam suasana tertentu. Hal itu menarik perhatian banyak orang untuk terus dikupas.

Salah satunya Chef William Wongso sebagai pakar kuliner Indonesia yang menarik untuk menelusuri makanan khas. Kali ini, William Wongso.

Dalam Originals Once Upon a Time in Chinatown, ia mengulas kisah rumah makan Ketupat Cap Gomeh Gloria 65. Resep Ketupat Cap Gomeh satu ini dirintis oleh Ny. Kartika Tjandra pada tahun 1963 dan diteruskan hingga sekarang oleh anaknya, Soejono Tjandra.

Menu makanan lontong cap go meh
Photo :
  • ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani

Menu makanan lontong cap go meh

Soejono menjelaskan, ketupat memiliki imej yang khas Indonesia. Hal tersebut kemudian diungkit di episode ini oleh Chef William Wongso sebagai pakar kuliner Indonesia. Ia mengatakan, ketupat cap gomeh merupakan semacam akulturasi (percampuran) budaya Tionghoa dan Indonesia.

“Enggak tahu persis sejarahnya lontong cap gomeh, karena di Singapura saja enggak ada,” ungkapnya. 

“Namun, di Indonesia ada lontong sayur. Jadi, kemungkinan kapiten-kapiten Chinese di Indonesia menambah lauk-pauk lainnya ke lontong sayur yang simple itu,” lanjutnya.