16 Jenis Makanan Khas Jawa Barat, Manis dan Gurih Bikin Nagih

Seblak kuah
Sumber :
  • Instagram/kedai_adz

VIVA – Makanan khas Jawa Barat umumnya bercita rasa manis dan gurih. Makanan khas Jawa Barat saat ini sudah sangat mudah ditemukan tak hanya ada di daerah Bandung sekitarnya saja. Bahkan kawasan Jabodetabek juga sudah banyak yang menjajakan makanan khas Jawa Barat karena semakin banyak penggemarnya. Salah satu makanan khas Jawa Barat yang saat ini diminati di kalangan anak muda adalah seblak dan cuanki. Dua jenis makanan ini cocok dinikmati selagi hangat dan disaat cuaca dingin atau sedang hujan. Makanan khas Jawa Barat lainnya juga terdiri dari berbagai jenis makanan yang berbahan utama nasi seperti nasi timbel dan nasi tutug oncom. Eits, jangan lupa kalau Jawa Barat juga kaya akan kuliner cemilannya jug, lho.

Nagita Dihujat Karena Suka Kasih Makanan Sisa, Begini Pembelaan Raffi Ahmad

Berikut beberapa makanan khas Jawa Barat yang banyak ditemui di berbagai daerah di kawasan Jawa Barat yang punya cita rasa manis, gurih dan lezat. Silahkan dicoba!

1. Seblak

Gerindra Perkenalkan Dedi Mulyadi Kandidat dalam Pilkada Jabar

Seblak akhir-akhir ini cukup populer di kalangan masyarakat, khususnya anak muda. Makanan yang identik dengan rasa pedas dan aroma kencur ini menawarkan berbagai isian di dalamnya. Mulai dari kerupuk, sayuran, sosis, ceker, bakso, dan beberapa toping lainnya. Seblak dapat menjadi salah satu opsi terbaik yang wajib dicoba ketika sobat berkunjung ke Jawa Barat.

2. Siomay

PKB Segera Putuskan Kader yang Diusung Maju Pilgub Jabar 2024

Sobat sekalian pasti tahu dong makanan ini. Makanan yang sudah dikenal masyarakat Indonesia ini ternyata merupakan salah satu makanan khas Jawa Barat loh. Lebih tepatnya dari kota Bandung. Siomay merupakan salah satu makanan yang terbuat dari tepung tapioka.

Sekarang ini, siomay memiliki banyak varian, mulai dari siomay ayam, ikan, hingga daging. Tak jarang siomay juga disajikan bersamaan dengan tahu, kol, kentang, telur, hingga pare. Satu hal yang tidak boleh terlewatkan saat mencicipi makanan ini adalah sambal kacangnya.

3. Batagor

Batagor merupakan singkatan dari bakso tahu goreng. Makanan ini dikenal lezat dan menggoda bagi pecinta sambal kacang. Selain karena harganya yang ramah di kantong, rasanya yang gurih berbalur dengan sambal kacang akan membuat siapa saja ketagihan. Berbeda dengan siomay, batagor biasanya dibuat dengan tepung yang dicampur dengan tahu kemudian digoreng.

4. Empal Gentong

Empal Gentong merupakan makanan yang berasal dari Cirebon. Sekilas makanan ini mirip dengan gulai pada umumnya, yang membuat sedikit berbeda adalah empal gentong disajikan menggunakan daging dan jeroan sapi. Makanan ini memiliki citarasa gurih dengan kuah santannya yang kental. Sesuai dengan namanya, makanan ini dimasak dengan menggunakan kayu bakar dan gentong (sebuah wadah yang terbuat dari tanah liat).

5. Karedok

Karedok terbuat dari sayuran-sayuran mentah seperti tauge, mentimun, kol, kacang panjang, terong, daun kemangi, dan lain-lain. Makanan ini mirip dengan lotek ataupun gado-gado. Bedanya, lotek disajikan dengan menggunakan sayuran yang sudah direbus, sedangkan karedok disajikan dengan sayuran yang masih mentah. Keduanya sama-sama dibaluri sambal kacang yang membuat rasa makanan ini semakin nikmat.

6. Surabi

Surabi atau dikenal dengan nama serabi adalah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari adonan tepung beras. Surabi dimasak dalam tungku dari tanah liat dengan menggunakan kayu bakar. Hal ini membuat citarasa unik dan khas pada makanan yang satu ini. Biasanya, makanan ini disajikan dengan saus gula untuk sarapan. Seiring berkembangnya zaman, kini sudah terdapat variasi surabi dengan berbagai toping seperti cokelat, keju, selai kacang, selai strawberi, dan lain-lain.

7. Peuyeum

Salah satu makanan yang sangat populer dari Sunda tidak lain adalah Peuyeum. Makanan ini bisa juga disebut tape karena merupakan hasil fermentasi. Namun, berbeda dengan tape singkong pada umumnya, Peuyeum memiliki tekstur yang lebih keras karena masih berupa singkong utuh. Sedangkan tape singkong pada umumnya sudah dipotong-potong dan memiliki tekstur yang lebih cair. Peuyeum memiliki masa simpan yang lebih lama dibandingkan tape biasa. Makanan ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke Jawa Barat. Selain karena harganya yang murah, makanan ini juga bisa ditemukan dengan mudah.

8. Mie Kocok

Beralih ke olahan mie, ternyata Sunda juga memiliki satu makanan khas yang berupa mie. Makanan ini dikenal dengan nama mie kocok. Makanan ini berbeda dengan mie pada umumnya. Mie kocok terbuat dari mie kuning dengan kaldu sapi. Terdapat beberapa toping seperti tauge, kikil, bakso, dsb. Yang membuat unik dari mie ini adalah cara memasaknya yang dikocok di tempat khusus, yaitu dengan mencelupkan ke air mendidih berulang kali hingga mie matang. Makanan ini bisa dijumpai di daerah Bandung dan sekitarnya.

9. Doclang

Doclang adalah makanan yang terdiri dari ketupat, tahu, telur, kentang kemudian dibalur dengan bumbu kacang di atasnya. Sekilas, makanan ini mirip dengan ketoprak dari Jakarta ataupun kupat tahu dari Bandung. Yang menjadi pembeda adalah keberadaan kentang di dalamnya. Sobat yang lagi laper bisa nih nyobain makanan yang satu ini. Dijamin bikin nikmat dan bikin nagih deh.

10. Asinan Bogor

Berbicara makanan di daerah yang satu ini, yang pertama terlintas pastilah asinan bogor. Makanan ini dibuat dari buah-buahan seperti nanas, bengkuang, salak, jambu, dan sayuran seperti kol dan tauge. Buah dan sayur tersebut kemudian dipotong kecil-kecil dan dicampurkan dengan saus yang terbuat dari cabai, cuka, gula, dan air. Kuah yang pedas bercampur dengan asam manis buah dan sayuran menghasilkan rasa yang segar dan nikmat. Sobat wajib banget nih cobain makanan ini kalau lagi jalan-jalan di Bogor.

11. Combro

Kulineran di Sunda akan lebih lengkap jika mencoba makanan yang satu ini. Combro adalah salah satu makanan khas Jawa Barat. Terbuat dari singkong parut yang dibentuk bulat kemudian dimasukkan oncom di dalamnya. Setelah itu, combro bisa digoreng dan dihidangkan dengan sambal. Rasanya yang enak dan gurih akan membuat lidah sobat ketagihan.

12. Sate Maranggi

Sate merupakan salah satu kuliner yang sudah sangat terkenal di nusantara. Di Jawa Barat, terdapat satu sate yang memiliki keunikan tersendiri, yaitu sate maranggi. Sate maranggi biasa dibuat dengan daging sapi yang kemudian dibumbui dengan kecap manis dan ketan bakar yang gurih. Makanan yang ditusuk ini juga terkenal cukup pedas. Cocok nih bagi sobat penggila sate.

13. Nasi Tutug Oncom

Seperti namanya, Nasi Tutug Oncom adalah nasi yang terbuat dari dua bahan utama, yaitu nasi dan oncom. Kedua bahan tersebut disatukan dengan cara ditumbuk (tutug). Tapi sebelumnya harus dibakar atau digoreng dulu agar mengeluarkan aroma yang sedap. Nasi tutug oncom sering juga disebut nasi TO. Makanan khas Tasikmalaya ini sebenarnya sudah enak jika dimakan tanpa lauk.

14. Nasi Timbel

Nasi timbel adalah nasi yang dibungkus dengan daun pisang ini disajikan dengan beberapa lauk seperti ikan asin, ikan asap, empal, ayam goreng, dsb. Satu hal lagi yang tidak boleh terlewat ketika sobat mencicipi nasi timbel adalah lalapan dan sambalnya.

15. Kupat Tahu

Bagi sobat yang lapar dan ingin makan siang, bisa nih cobain kupat tahu khas Jawa Barat. Makanan ini cocok disantap untuk mengisi perut yang keroncongan. Kupat  biasa disajikan dengan potongan tahu goreng, tauge, dan disiram dengan sambal kacang. Tekstur yang lembut bercampur dengan enaknya sambal kacang sangat nikmat untuk dinikmati kapan saja. Bisa jadi list makanan favorit nih.

16. Colenak

Salah satu olahan legendaris dari Sunda adalah colenak. Colenak merupakan makanan khas Jawa Barat yang berupa peuyeum bakar. Makanan ini biasa dicocol dengan gula jawa cair yang sudah dicampurkan dengan parutan kelapa. Rasanya yang nikmat cocok untuk teman ngeteh sobat.

Masiroh, TKW asal Jawa Barat pulang setelah dikabarkan meninggal 22 tahun lalu

22 Tahun Dikabarkan Meninggal, Masiroh Kembali dan Ceritakan Kisahnya di Suriah

Seorang TKW bernama Masiroh pulang ke kampung halamannya di desa Pranggong, kecamatan Arahan Kabupaten Indramayu, Jawa Barat setelah 22 tahun dikabarkan meninggal dunia.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024