Patut Dicoba, Resep Salmon Saus Rujak Kiwi Mangga

Ikan salmon.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Rujak buah menjadi sajian khas yang menyegarkan lidah dan kerap dirindukan masyarakat Indonesia. Rasanya yang asam dan manis segar membuat rujak dipilih sebagai makanan pendamping untuk menu yang beragam, termasuk daging ikan salmon.

5 Rekomendasi Makanan untuk Ibu Menyusui Agar ASI Lancar

Daging salmon memiliki rasa yang lezat dan gurih sehingga disukai oleh banyak orang. Tak heran, paduan rasa gurihnya bisa menggoyang lidah saat dikombinasikan dengan rujak buah. Nah, paduan rasa tersebut bisa dicoba dalam menu Salmon Saus Rujak Kiwi Mangga yang didemokan di live Instagram Tupperware Indonesia.

Bersama Mustika Ratu dan Tupperware Indonesia, menu ini dibuat oleh Professional Chef Steby Rafael didampingi Miss Universe 2021 Harnaaz Shandu dan Puteri Indonesia 2022 Laksmi De Neefa. Untuk menu ini, bahan utamanya adalah salmon dan beberapa potongan buah.

5 Makanan Tinggi Protein Menurut Ahli Diet, Kelola Berat Badan Hingga Gula Darah 

Tips utama yang diberikan Chef Steby Rafael yaitu daging salmon yang segar dan diiris tebal. Setelah itu, taburi dengan garam secukupnya agar menambah rasa gurihnya.

"Untuk daging dia akan keluar, berapa lama dia akan nyerep pelan. Dan garam itu akan urai fiber atau serat dari daging tersebut. Sehingga membuat daging jadi lebih lembut," tuturnya.

Ada Salmon Acar Bumbu Kuning, Intip Kelezatan Sajian Nusantara Sentuhan Modern

Selain itu, Chef Steby menyarankan pemilihan pan yang tepat agar proses memasak daging bisa matang sempurna. Setelah daging salmon diangkat dan ditiriskan, keringkan dengan tisu dapur. 

"Masak ikan penting menggunakan teflon yang tepat. Panaskan sedikit minyak sampai ada sedikit asap. Daging salmonnya ditaburkan garam secukupnya. Daging salmon, kita harus keringkan dulu dengan tisu dapur setelah dimasak dengan minyak panas," imbuhnya.

Bahan

-Salmon 2 potong
-Buah warna warni, potong
-Gula asam siap minum
-Olive oil
-Garam secukupnya
-Bawang bombay 1 siung, iris

Cara memasak

1. Taburi daging salmon dengan garam

2. Panaskan minyak di pan sampai berasap dan masukan salmon

3. Setelah matang merata, masukan bawang bombay dan aduk

4. Potong sejumlah buah warna warni dan taburi dengan gula asam siap minum

5. Tambah olive oil dan siap disajikan

6. Tuang salad di piring dan sajikan salmon di atasnya

"Tambah ready to drink gula asam ke potongan buah dengan warna berbeda. Bisa jadi manis dan asam rasanya. Campur olive oil, jadinya gula asam dressing. Simpan di kulkas agar segar. Sajikan daging salmon di piring dan padukan dengan salad. Ada kuning merah hijau sehingga plating lebih menarik," bebernya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya