8 Tips Daging Kurban Empuk dan Nikmat Menggoyang Lidah

Ilustrasi daging
Sumber :
  • cookist

VIVA Lifestyle – Daging kurban akan begitu melimpah di momen lebaran Idul Adha ini. Berbagai macam olahan dengan bahan utama daging qurban ini pun kerap menggugah selera, meski masih banyak yang belum mengolahnya secara tepat agar dapat empuk.

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Daging kurban yang empuk dapat menambah kelezatan dari sajian Idul Adha. Cukup dengan mengetahui beberapa tips, agar dagingnya empuk dan lezat. Jadi, jika Anda telah memiliki sepotong daging yang berserat, cukup mengikuti tips ini untuk mendapatkan hasil yang sangat baik.

Mari cari tahu cara melunakkan potongan daging, dengan beberapa tips nenek moyang, untuk menikmati potongan daging yang empuk dan enak, dalam wajan atau panggangan. Berikut tipsnya dikutip dari laman Cookist.

Terpopuler: Ciri Malam Lailatul Qadar, Konsumsi Garam Berlebih Sebabkan Masalah Seksual

Gunakan pelunak daging

Konsumsi Garam Berlebih Sebabkan 3 Penyakit Ini, Berujung pada Masalah Seksual

Cara cepat dan mudah adalah dengan menggunakan pelunak daging. Tempatkan irisan daging di antara dua lembar bungkus plastik makanan, dan ketuk untuk mematahkan seratnya: gerakan pelunak daging harus dari dalam ke luar. Oleh karena itu, irisan akan lebih tipis dan lebih lembut. 

Foil akan melindungi daging dan permukaan kerja, tetapi Anda tidak bisa memakainya jika mau. Sebagai alternatif pelunak daging, Anda bisa menggunakan tangan: pukul potongan daging dengan carpus tangan, dengan gerakan kuat ke arah luar.

Lumuri daging dengan garam kasar

Jika sebaliknya Anda ingin menyiapkan daging dengan serat, Anda bisa melunakkannya dengan garam. Dalam hal ini, potongan daging harus setidaknya setebal 4 sentimeter. Ketebalannya akan memungkinkan daging untuk membuat kerak luar, mempertahankan masakan internalnya. Untuk menghilangkan kelembaban yang berlebihan dari potongan daging, masukkan dalam garam kasar.

Taburkan kedua sisi dan biarkan istirahat setidaknya selama 1 jam, untuk menghilangkan kelebihan air, meninggalkan lemak dan protein. Bilas daging dan keringkan dengan baik sebelum dimasak. Ingatlah bahwa semakin banyak Anda meninggalkan daging dalam garam, semakin empuk dagingnya hingga 24 jam.

Bumbu asam

Untuk potongan daging yang lebih tipis, Anda bisa mencoba rendaman asam, yang berbahan dasar jeruk, cuka atau anggur, yang memecah serat otot daging, sehingga membuatnya lebih empuk saat dimasak. Biarkan daging direndam dalam campuran cuka dan jus lemon semalaman.

Namun, perlu diingat bahwa cuka dan lemon cenderung membumbui daging. Untuk alasan ini, disarankan untuk menggunakan metode ini jika Anda perlu menyiapkan irisan daging atau bahkan daging dengan saus tomat. Dalam kasus terakhir, tomat juga akan membantu melunakkan daging.

Bumbui dengan pure buah

Dimungkinkan juga untuk membuat daging empuk dengan menggunakan prinsip pelunakan enzimatik. Enzim adalah molekul yang mempercepat proses pelunakan daging. Di antara buah-buahan yang akan digunakan untuk rendaman ini, perlu untuk memilih yang asam: kiwi, nanas, dan pepaya direkomendasikan. Bisa pilih kiwi yang tidak terlalu membumbui daging, karena memiliki rasa yang lebih netral. 

Namun, untuk nanas, hati-hati karena nanas mengandung bromelain, zat yang bisa membuat daging menjadi bubur jika dibiarkan lama dimarinasi. Tapi inilah cara untuk tetap memakainya yakni kurangi jumlah buah yang menjadi pure, taruh daging dalam wadah kaca dan tutupi setiap irisan dengan dua sendok makan pure. Tutup dengan penutupnya dan biarkan dagingnya dimarinasi setidaknya selama satu hari.

Memasak lambat dalam wajan

Jika Anda memiliki sedikit waktu, dan karena itu Anda tidak dapat mengabdikan diri pada metode yang dijelaskan di atas, maka Anda dapat mengambil beberapa siasat, untuk membuat daging lunak saat dimasak. Yang pertama adalah memasak perlahan dalam wajan dengan api kecil. 

Dengan cara ini, jaringan ikat yang menyatukan serat otot akan memiliki banyak waktu untuk meleleh, membuat daging lebih empuk dan enak dikunyah. Lalu ada sedikit tip agar daging tidak mengering saat dimasak. Bahkan, Anda dapat terus membasahi daging dalam panci dengan air, kaldu, tanpa pernah membiarkannya kering.

Memanggang

Daging panggang

Photo :
  • U-Report

Memanggang adalah salah satu metode paling lezat untuk menyiapkan daging: membuat daging empuk, berair, dan memberikan bau asap yang menyenangkan. Metode memasak ini sangat baik untuk steak dan daging yang kaya lemak: suhu tinggi memungkinkan kelebihan lemak meleleh, membuat persiapan menjadi lebih ringan. Dengan memanggang, maka, tidak perlu menambahkan minyak lagi.

Tambahkan garam kasar di tengah proses memasak

Salah satu kesalahan yang lebih sering dilakukan saat menyiapkan irisan daging adalah menambahkan garam halus saat memasak. Dengan cara ini daging menjadi kering dan lebih kecil, dan kehilangan rasa. Jika Anda ingin mencicipi sepotong daging yang lembut dan lezat, tambahkan garam kasar di tengah proses memasak dan kecoklatan ringan. Dagingnya akan sangat empuk.

Gunakan soda kue (baking soda)

Rahasia nenek moyang adalah menggunakan soda kue, trik kecil yang memungkinkan Anda mendapatkan daging lunak, tanpa memengaruhi rasanya. Tapi bagaimana menggunakannya? Saat daging dimasak untuk sepertiga, tambahkan sedikit soda kue. Dibutuhkan satu sendok teh untuk setiap setengah kilo daging.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya