10 Oleh-oleh Khas Malang, Didominasi Cita Rasa Buah Apel

Wisata petik apel di Malang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lutfi Dwi Pujiastuti

VIVA – Oleh-oleh khas Malang biasanya tak ingin dilewati jika berkunjung ke kota wisata satu ini. Ya, oleh-oleh khas Malang umumnya berbahan dasar buah apel atau pisang. Tak hanya itu, kini oleh-oleh khas Malang sudah mulai dimodifikasi berupa cake dan olahan makanan lainnya. Ya, buah apel memang menjadi simbol kota Malang. Apel yang dihasilkan dari kota Malang punya rasa yang manis dan berkualitas.

Ramadhan di Singapura: Takjil Lezat dan Oleh-oleh Berlimpah, Ini Tempatnya!

Berikut oleh-oleh khas Malang yang direkomendasikan dari beberapa sumber:

1. Buah Apel

Pulang dari Jepang, Ria Ricis Berikan Langsung Oleh-oleh ke Teuku Ryan

Buah apel adalah oleh-oleh andalan yang ada di kawasan Malang. Perkebunan buah apel sendiri dapat Anda temui saat berkunjung di sekitar daerah ini. Karena begitu terkenal, buah ini menjadi buah primadona yang banyak dicari oleh para wisatawan yang datang berkunjung. Jenis apel sendiri memang diketahui sangat beragam di pasaran, baik dari petani lokal maupun mancanegara.

Namun untuk apel khas dari Malang biasanya akan berupa apel ana dan manalagi. Kedua jenis apel tersebut juga memiliki tampilan yang berbeda antara satu dengan lainnya. Anda dapat membeli buah ini di berbagai tempat di kawasan Malang. Biasanya buah apel yang ada telah ditimbang per kilo untuk dapat dibeli oleh para wisatawan yang datang berkunjung ke daerah tersebut.

Pulang Liburan dari Bali? Oleh-oleh Murah Meriah Ini Wajib Dibawa Pulang

2. Pastry Apel

Jenis oleh-oleh selanjutnya yang dapat Anda beli saat berwisata ke Kota Malang adalah aneka olahan pastry. Pastry sendiri merupakan salah satu produk yang diadaptasi dari luar negeri. Dengan menggunakan bahan-bahan lokal, pastry yang ada juga cocok di lidah masyarakat Indonesia. Salah satu isian dari pastry tersebut adalah buah yang begitu terkenal dan telah dibahas sebelumnya, yaitu buah apel.

Biasanya buah apel yang ada telah diolah sedemikian rupa dengan tambahan bahan lain untuk digunakan sebagai isian pastry. Hal ini tentu juga memiliki maksud dan tujuan tersendiri di dalamnya. Seperti misalnya untuk membuat pastry menjadi lebih awet atau tahan lama. Dengan kulit pastry yang cenderung gurih akan berpadu dengan rasa asam dan manis dari buah buahan yang ada di dalamnya.

3. Keripik Ceker

Tidak hanya buah buahan dan tempe saja, masih terdapat bahan makanan lain yang dapat diolah menjadi keripik sebagai oleh-oleh khas dari kota ini. Bahan makanan yang dimaksud ialah ceker ayam. Dengan diolah sedemikian rupa, keripik ceker ini menjadi salah satu buah tangan favorit dari kota dengan banyak kampus di dalamnya ini. Anda juga bisa membeli keripik ini dalam jumlah banyak sekaligus di pusat oleh-oleh di daerah Malang.

4. Pia Mangkok

Pia mangkok juga merupakan oleh-oleh yang populer di Kota Malang. Untuk mendapatkannya juga terbilang cukup mudah dilakukan. Kudapan ini sendiri dapat tahan selama 2 minggu terhitung dari waktu produksi yang dilakukan. Isi dari pia mangkok ini juga memiliki citarasa yang beragam, mulai dari keju, durian, kacang hijau, dan juga cokelat. Anda bisa membeli pia mangkok ini sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

5. Madu Klanceng

Madu adalah salah satu bahan makanan yang diketahui memiliki beragam khasiat untuk tubuh. Produk ini sendiri juga merupakan oleh-oleh khas dari kota ini. Biasanya untuk satu botol madu, akan dibandrol dengan kisaran harga 130 sampai dengan 150 ribu rupiah. Dengan angka tersebut, Anda akan memperoleh banyak manfaat dari madu yang ditawarkan di dalamnya.

6. Ledre Pisang Bangka

Selain apel, buah lain yang diolah sedemikian rupa untuk oleh-oleh khas Malang adalah pisang. Meskipun bernama ledre pisang bangka, namun sajian ini bukanlah berasal dari daerah Bangka. Nama tersebut diperoleh dari nama jalan kecil yang ada di Kota Malang. Dengan citarasanya yang lezat mkenjadikan camilan dari buah pisang ini sangat sesuai untuk buah tangan bagi teman maupun keluarga di rumah.

Harga yang dibandrol untuk salah satu oleh-oleh yang populer ini juga terbilang masih aman untuk kantong. Anda dapat membeli 1 kotak produk ledre pisang bangka dengan kisaran harga 42 ribu rupiah. Buah pisang yang digunakan sendiri juga berasal dari buah dengan kualitas yang terbaik. Dengan hal tersebut juga membuat kudapan ini memiliki rasa yang lezat di lidah.

7. Makobu Cake

Makobu cake adalah jenis olahan lain yang dapat Anda pilih untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Varian rasa yang dimiliki oleh kudapan ini sendiri juga sangat beragam. Anda dapat mencoba menikmati varian cake berupa castella cheese, castella apple, dan masih banyak lagi yang lainnnya. Harga yang dibandrol untuk cake jenis ini adalah di kisaran harga 60 sampai dengan 70 ribu rupiah.

8. Carang Mas

Indonesia memang terkenal akan keberagaman sajian yang dimilikinya. Jenis camilan yang ada di tanah air pun sekaan tidak ada habisnya. Seperti misalnya camilan yang manis bernama carang mas ini. Jika diibaratkan carang mas ini cenderung mirip dengan kue kering karena bentuk dan rasa yang dimilikinya. Kue kering tradisional tersebut terbuat dari bahan yang cukup sederhana.

Hanya diperlukan bahan berupa gula jawa dan juga ubi jalar untuk membuat oleh-oleh khas dari kota ini. Dengan proses pengolahan yang dilakukan membuat camilan tersebut juga memiliki tampilan yang cantik. Ukurannya yang tidak terlalu besar juga memudahkan Anda untuk menikmatinya. Biasanya saat dijual, carang mas akan dikemas dengan menggunakan mika plastik dengan ukuran sedang.

9. Keramik dan Souvenir Khas Malang

Tidak hanya makanan saja, masih terdapat pilihan oleh-oleh lain yang dapat Anda pilih. Oleh-oleh yang dimaksud adalah keramik dan aneka souvenir dari kota ini. Produk keramik tersebut juga memiliki beragam bentuk yang berbeda, mulai dari vas bunga hingga piring cantik. Dengan membeli oleh-oleh berupa keramik tentu akan membuat buah tangan yang ada menjadi lebih awet dan tahan lama.

Beragam souvenir lain pun dapat Anda peroleh di berbagai kawasan tempat wisata di daerah Malang. Bentuk dari souvenir yang ditawarkan pun juga beragam. Seperti misalnya souvenir berupa gantungan kunci, tas, sandal, kaos, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jika memungkinkan, Anda juga bisa melakukan tawar menawar saat membeli souvenir khas dari daerah ini.

Tidak hanya beragam tempat wisata saja, di daerah Malang juga terdapat banyak jenis oleh-oleh khas yang bisa Anda bawa pulang. Mulai dari oleh-oleh berupa bahan makanan hingga benda unik yang terbuat dari keramik. 

10. Malang Strudel

Strudel merupakan salah satu olahan khas Austria berupa pastry yang diisi dengan aneka buah. Meski begitu, oleh-oleh Malang Strudel ini sudah dimodifikasi sehingga memiliki citarasa lokal yang cocok untuk lidah nusantara.

Salah satu outlet Malang Strudel terletak di kawasan Semeru, pusat Kota Malang, Jawa Timur.

The Keranjang Bali

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Bali yang Jangan Sampai Terlupakan, Awet dan Kekinian

Ketika berkunjung ke suatu tempat wisata, Bali contohnya tampaknya sudah menjadi kebiasaan untuk kita sebagai pengunjung atau wisatawan membeli buah tangan atau oleh-oleh

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024