Ikon Google Doodle, Coba Resep Praktis Sehat Tempe Panggang Renyah

Tempe.
Sumber :
  • Pixabay/ Bintang_Galaxy

VIVA KulinerGoogle doodle menampilkan gambar yang berbeda dari biasanya. Kali ini, tempe yang jadi makanan 'merakyat' di Indonesia, menjadi ikon di Google Doodle dengan keterangan 'Merayakan Tempe Mendoan'.

Terpopuler: 6 Cara Buat Suami Bertahan di Atas Ranjang hingga 7 Manfaat Tempe bagi Kesehatan Tubuh

Tempe atau tempeh sendiri sudah menjadi makanan sehari-hari dari rakyat jelata hingga kaum 'sultan' lantaran rasanya yang nikmat dan harganya pun murah.

Meski kabarnya pedagang bakal mogok menjual tempe beberapa hari mendatang, namun tak dipungkiri bahan protein nabati ini begitu akrab di lidah masyarakat. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

Tempe adalah produk berbahan dasar kedelai yang berasal dari Indonesia. Karena tempe terbuat dari kedelai utuh yang difermentasi secara alami untuk membentuk "blok".

Tempe memiliki tekstur, gigitan, dan rasa yang lebih kaya daripada tahu. Meski begitu, rasanya masih cukup ringan yang membuatnya mudah diolah berbagai makanan.

Resep Praktis Ayam Kukus Jahe ala Chef Olivia Tommy untuk Berbuka dan Sahur

Sajian dan pengolahannya pun beragam mulai dari tempe mendoan, tempe goreng tepung, tempe orek, tempe tumis kacang panjang, tempe sayur lodeh, dan masih banyak lagi. Nah, buat para ibu-ibu yang bingung mau mengolah tempe untuk si kecil, yuk coba tempe panggang yang renyah hanya dalam 30 menit!

Protein nabati vegan & bebas gluten ini sempurna untuk disajikan pada salad, campuran nasi, atau sekedar camilan sehat. Dan bagian terbaiknya? Anda hanya perlu 3 bahan dan 30 menit untuk melakukannya.

Berikut resep tempe si protein nabati yang lezat ini, dikutip dari laman From My Bowl.

Potong tempe menjadi 1/2 kubus, lalu bumbui

Keluarkan tempe dari kemasannya, lalu gunakan pisau tajam untuk memotongnya menjadi 1/2 kubus. Tambahkan tempe ke mangkuk sedang, lalu aduk dengan tamari rendah sodium dan ragi nutrisi. Metode ini memberikan rasa tempe yang luar biasa nikmat dan pinggiran yang renyah dan keemasan. 

Panggang dalam oven hingga garing, lalu sajikan dan selamat menikmati!

Sebarkan tempe di atas loyang yang dialasi, lalu taruh di rak atas oven 400F yang sudah dipanaskan selama 25-27 menit. Jika Anda memiliki air fryer, Anda juga bisa memasaknya di sana! Tambahkan tempe ke air fryer dan panggang pada suhu 380F selama 12-15 menit, aduk setiap 5 menit.

Cara menikmati Tempe Panggang Renyah:

Disajikan dengan nasi, sayuran panggang lain, dan bumbu olahan lain. Disajikan di atas tumisan atau nasi goreng juga bisa! Olahan ini juga sebagai alternatif crouton yang renyah dalam salad. Menarik bukan?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya