Nikmatnya Lontong Belut Asap, Kuliner Sedap Khas Limbangan Kendal Cuma Rp10 Ribu

Lontong belut asap khas Kendal, Jawa Tengah.
Sumber :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno.

VIVA Kuliner – Belut adalah hewan air yang punya kandungan protein tinggi. Rasanya juga gurih dengan daging yang lembut. Belut kecil biasanya digoreng jadi keripik atau lauk pecel. Kalau yang ukuran besar sering diolah jadi belut asap. Dari situ kemudian jadilah aneka masakan seperti mangut belut, belut sambel pecak, dan lain-lain.

UTBK 2024 Dimulai, 11.091 Peserta SNBT Ikut Tes di UNNES Semarang

Nah, di Limbangan Kendal, Jawa Tengah, belut asap diolah jadi sayur sambal goreng mangut yang dipadukan dengan lontong maupun bubur. Yuk, scroll untuk informasi selengkapnya.

Salah satu warung belut asap yang bisa ditemui ada di Desa Tamanrejo, Limbangan. Tepatnya di deretan warung Pasar Susukan. Ada bermacam sayur dan lauk di situ. Dan belut sambal goreng mangut jadi favoritnya. Ukuran belutnya lumayan besar. Lebarnya seukuran jempol orang dewasa. Warnanya hitam dengan kulit yang mudah lepas dari dagingnya, sehingga mudah dimakan.

Satgas Pangan Blak-Blakan Soal Penyebab Gagal Panen Bawang Merah di Brebes

Belut asap dimasak sambal goreng mangut yang pedas dan punya cita rasa gurih yang menggigit. Di dalam kuah santannya ada campuran tahu, labu siam, dan kerecek atau rambak. Ini beda dengan mangut daerah pesisir Kendal atau Semarang yang hanya berisi belut dan kuah santan saja.

Pemkot Solo Siapkan Nobar Laga Timnas Indonesia di Depan Balai Kota

Yang khas lagi, di sini mangut belut bisa disajikan dengan lontong, bubur, atau nasi putih. Pembeli bisa pilih mana yang disukai. Tapi untuk mangut belut di sini, lontong paling banyak dipesan.

Sayur mangut belut diracik dengan bumbu rempah antara lain laos, salam, kunyit, merica, cabai rawit, bawang, garam, dan serai. Kemudian kuahnya dari santan kental plus sedikit gula aren.

Semuanya dimasak jadi satu hingga mendidih, baru kemudian belut asapnya dimasukkan sampai matang. Sayur ini punya aroma sedap dari belut asap. Aroma itu merebak yang langsung menggugah selera makan.

"Ya kalau mangut itu khasnya karena ada ikan atau belut asap. Istilahnya itu iwak panggang. Nanti kalau sudah dimasak rasanya sedap dan orang pengennya nambah," kata penjual lontong belut asap di warung makan Tamanrejo.

Satu porsi lontong belut berisi lontong, belut asap, tahu, labu siam, dan guyuran kuah mangut pedas. Kalau mau variasi bisa pakai bakwan goreng dan kerupuk. Karena Limbangan ini daerah dingin, maka pas kalau minumnya teh hangat. 

Jangan lupa, selain mangut ada juga sayur lain yang tak kalah nikmat. Yaitu oblok-oblok mlanding cepokak. Terbuat dari daun singkong yang dicampur biji mlanding (semacam petai kecil), kelapa parut, dan buah cepokak dengan kuah santan pedas.

Seporsi lontong belut asap ini cukup terjangkau, hanya Rp10 ribu. Untuk tambahan gorengan, hanya Rp1000 per satuannya.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya