Mengenal Grana Padano, Keju Tradisional Italia yang Dijuluki The King of Cheese

Keju grana padano.
Sumber :
  • Cheese.com

VIVA Lifestyle – Bicara keju, pastilah berbicara tentang Italia, karena hidangan dari negara Menara Pisa itu tidak pernah terlepas dari keju. Tak ayal, berbagai macam jenis keju pun bermunculan dari negara ini. Masing-masing daerah di Italia pun memiliki keju khasnya. Nah, salah satu keju yang terkenal hingga mendunia adalah grana padano, yang disebut-sebut sebagai the king of cheese alias raja keju.

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Dilansir dari Cheese.com, Senin, 26 Juni 2023, keju ini diberi nama grana padano karena memiliki tekstur yang terdiri dari butiran (grana). Grana padano pertama kali dibuat oleh para Pendeta Cistercian asal Chiaravelle, Italia bagian utara pada abad ke-12. Keju ini merupakan keju keras pertama yang pernah diciptakan. Grada padano pun sudah mendapat sertifikat sebagai keju otentik asal Italia.

Pada tahun 1996 tepatnya tanggal 12 Juni, grana padano mendapatkan sertifikat DOP (Denominazione di Origine Protetta) yang merupakan sebuah jaminan atau pengukuhan bahwa keju tersebut dibuat menggunakan susu dan teknik yang berasal daerah tertentu saja.

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Keju grana padano.

Photo :
  • Cheese.com

Keistimewaan keju satu ini terletak pada bahan dan proses pembuatannya, yakni dari susu semi skim tidak terpasteurisasi yang difermentasi sekitar dua tahun. Berbeda dengan keju cheddar yang lembut, saat sudah matang, grana padano justru memiliki tekstur yang keras, tebal, kering dan bagian dalamnya yang kasar.

Kaleng Susu Isi 16 Kg Sabu dari Malaysia Masuk Indonesia Lewat Kaltara Digagalkan

Meskipun keras dan kasar, grana padano punya rasa yang sangat mature, gurih dan kompleks. Tak hanya itu, meski bergelar "raja", grana padano tidak berharga mahal. Malah, keju favorit warga Po River Valley, Italia, ini sangat terjangkau. Harganya sangat kontras bila dibandingkan dengan raja keju lainnya, parmigiano reggiano.

Grana padano, yang bisa tahan disimpan dua tahun, biasanya menjadi teman untuk menikmati anggur putih, atau menjadi bumbu pelengkap sup.

Namun, karena kelezatannya, kini hadir camilan baru bercita rasa keju grana padano. Ialah perusahaan FMCG di Indonesia, yakni OT Group yang baru-baru ini mengeluarkan produk rasa keju dengan brand Chizmill Balls.

"Ini merupakan salah satu inovasi terbaru kami, makanan ringan jenis extruded berbahan keju yang diinspirasi oleh keju khas Italia yaitu Grana Padano,” ujar Harianus Zebua, Head of Corporate and Marketing Communication OT Group pada acara peluncuran Chizmill Balls di Jakarta.

Keju grana padano.

Photo :
  • Freepik/Racool_studio

Ia juga mengatakan bahwa sejak tahun 2018 hingga tahun 2022 , Euromonitor mencatat penjualan keju di Indonesia telah tumbuh lebih dari 150 persen. Angka ini menunjukkan bahwa produk olahan susu tersebut semakin digemari oleh masyarakat Indonesia.

Senada, Devy Anastasia, finalis MasterChef Indonesia Season 9, yang melakukan demo masak makanan berbahan keju grana padano pada kesempatan tersebut juga mengatakan, keju sudah banyak digunakan sebagai bahan baku utama atau sekedar pelengkap di berbagai olahan makanan di Indonesia.

"Rasanya yang gurih dan asin mudah diterima oleh lidah masyarakat Indonesia. Keju cocok dikombinasikan makanan dengan rasa manis dan pedas," katanya.

Selain rasanya enak, keju memiliki banyak manfaat seperti sumber protein dan kaya akan kalsium. Protein penting untuk memperbaiki jaringan, membangun otot dan menjaga kesehatan umum. Kalsium diperlukan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang yang sehat, menjaga fungsi otot yang normal dan menjaga kesehatan gigi.

Sebagai informasi, tersedia dalam kemasan 16 gram, Chizmill Balls memiliki dua varian rasa yaitu Truffle Gana dan Grana Cheese, dengan ukuran bola besar dan rasa renyah dan gurih keju asli.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya